Hukum & Kriminal

Masih Ingat Raja Emas Asal Timika, Kini Gugat KPK dan Jaksel, Ada Apa?

KPK telah menetapkan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng sebagai tersangka kasus dugaan pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Mimika, Papua.

Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Istimewa
Bupati Mimika Eltinus Omaleng menggugat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas penetapan tersangka terhadap dirinya. 

TRIBUN-PAPUA.COMKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng sebagai tersangka kasus dugaan pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Mimika, Papua.

Penetapan oleh KPK tersebut melalui praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Menanggapi hal tersebut, Eltinus Omaleng pun menggugat penetapan tersebut oleh KPK terhadap dirinya.

Baca juga: Masih Ingat Bupati Mimika, Eltinus Omaleng? Si Raja Emas Asal Mimika Minta OPD Cepat Serap APBD

Gugatan Eltinus terdaftar pada 20 Juli lalu dengan nomor perkara 62/Pid.Pra/2022/PN JKT.SEL.

Dalam petitumnya, Eltimus meminta hakim tunggal PN Jaksel yang akan menangani gugatan ini mengabulkan semua permohonan yang ia ajukan.

 

 

“Menyatakan penetapan tersangka atas diri pemohon yang dilakukan oleh termohon adalah tidak sah,” sebagaimana Kompas.com kutip dari Sinstem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jaksel, Selasa (16/8/2022).

Selain itu, Eltimus juga meminta agar hakim PN Jaksel menyatakan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) Nomor: Sprin.Dik/58/DIK.00/01/09/2020 tanggal 30 September 2020 yang menetapkannya sebagai tersangka tidak sah dan tidak berdasar hukum. Dengan demikian, Eltimus meminta penetapan tersangka itu tidak berkekuatan hukum tetap.

Adapun dalam Sprindik itu, sebagaimana diungkapkan dalam petitum tersebut, Eltimus disangka dengan Pasal Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo.

Baca juga: LARM-GAK Minta KPK Segera Tahan Tersangka Korupsi Gereja Kingmi Mile 32

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved