Info Mimika

Masih Ingat Bupati Mimika, Eltinus Omaleng? Si Raja Emas Asal Mimika Minta OPD Cepat Serap APBD

OPD yang serapan anggarannya masih rendah, harus cepat bergerak agar serapan anggarannya sesuai yang telah diprogramkan

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PENYERAPAN ANGGARAN - Suasana rapat monitoring dan evaluasi realisasi fisik dan keuangan APBD Kabupaten Mimika. Bupati Mimika, Eltinus Omaleng meminta OPD secepatnya melakukan kegiatan agar anggaran bisa segera terserap secara maksimal. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA - Hingga akhir Juni 2022, realisasi pembangunan fisik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua masih 18,93 persen. SEmentara serapan anggaran baru 22 persen dari target APBD Mimika tahun anggaran 2022 sebesar Rp 4,4 triliun. 

Dianggap Cacat Aturan, Aliansi Honorer K2 Formasi 600 Datangi Kantor Bupati Mimika

Capaian yang masih terbilang rendah ini, karena saat ini sudah masuk semester dua tahun anggaran 2022, sehingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus cepat melakukan pekerjaan atau kegiatan yang menjadi program saat penyusunan APBD lalu.

Permintaan itu disampaikan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng. Pria berjuluk si Raja Emas asal Mimimika ini meminta agar OPD-OPD yang serapannya rendah agar mempercepat serapan APBD.   

“OPD yang serapan anggarannya masih rendah, harus cepat bergerak agar serapan anggarannya sesuai yang telah diprogramkan,” pintanya.

Kesbangpol Kabupaten Mimika Rumuskan Kebijakan Teknis Pemilu 2024

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, Yohana Paliling mengatakan, rendahnya serapan anggaran pada APBD Kabupaten Mimika di pertengahan tahun 2022 disebabkan beberapa faktor.

"Kalau mau kira-kira dari data manual yang masuk, fisik kita sebenarnya di posisi sekitar 28 persen. Hanya saya belum bisa bicara karena kita bicara sistem," katanya. 

Dikatakan, realisasi keuangan 22 persen itu dari total APBD Rp 4,4 triliun belum termasuk Tambahan Uang (TU) yang belum di SPJ-kan.

Wabup Mimika Janji Usut Tuntas Kasus Pengangakatan Honorer K2 Formasi 600 Seleksi 2017

Kemudian untuk DAK realisasi keuangan masih 0 persen karena masih menunggu hasil Online Monitoring Sistem perbendaharaan Anggaran negara (OM SPAN) yang pada 19 Juli.

Sedangkan, untuk dana Otsus total realisasi fisik sudah di posisi 18,51 persen dan realisasi keuangan 10,21 persen. 

“Jadi dari total dana Otsus Rp140.375.334.000 yang terdiri dari Dana Otsus Block Grant, specific grant dan dana tambahan infrastruktur itu sudah terealisasi keuangan Rp14.327.452.800 sudah di posisi 21 persen,” jelasnya.

Ini Rahasia 2 Mahasiswa Asal Mimika Papua Penerima Beasiswa YPMAK Lulus Tanpa Ujian Skripsi

Ia mengatakan, bupati sudah mengarahkan agar OPD segera mempercepat pelaksanaan kegiatan. 

Jika mengalami kendala, harus disampaikan agar bisa dilakukan pergeseran dalam APBD Perubahan yang akan segera disusun.

"Artinya, jangan sampai ada kegiatan-kegiatan yang karena ada masalah dan kendala tetap dipertahankan dan di proses padahal ujung-ujungnya juga tidak bisa berjalan, nanti jadinya Silpa," jelasnya.

Baca juga: Honorer Siluman di Pemkab Mimika Belum Dibersihkan, Kepala BKD Malah Bilang Begini

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved