Semarak HUT Ke 77 RI di Papua

Napak Tilas Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama di Kabupaten Merauke

Rakyat Papua mau bergabung dengan Indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih pertama di depan kantor PMI untuk wilayah Selatan Papua

Penulis: Hidayatillah | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
NAPAK TILAS - Para pegiat Palamng Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Merauke beserta TNI AD menancapkan bendera merah putih di tiang pertama pengibaran merah putih di wilayah Papua Selatan pada 1969, lokasinya di depan Kantor PMI Jalan Raya Merauke, Rabu (17/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Insan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Merauke napak tilas pengibaran bendera merah putih di Kabupaten Merauke, Papua Selatan dengan melaksanakan upacara HUT Ke-77 Republik Indonesia (RI), Rabu (17/8/2022).

Warga Koya Timur Rela Berjubel di Balik Pagar Saksikan Upacara HUT RI ke-77 di GOR Herman Rollo

Jika Frans Kaisiepo dan rekan-rekan perjuangan melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia pertama kali ditanah Papua pada 31 Agustus 1945 silam.

Disusul masyarakat Selatan Papua yang mengibarkan bendera merah putih pertama kali didepan kantor PMI Jalan Raya Mandala Merauke pada 1969 setelah Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) 17 September 1969. 

Pesan Anak Papua saat Pimpin Upacara HUT RI di Tembagapura: Freeport Harus Gandeng UMKM Lokal

"Rakyat Papua secara tulus memilih masuk Indonesia. Rakyat Papua mau bergabung dengan Indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih pertama di depan kantor PMI untuk wilayah Selatan Papua. Bekas tiangnya masih ada sampai sekarang," tutur Ketua PMI Kabupaten Merauke, Dominikus Ulukyanan kepada Tribun-Papua.com disela-sela kegiatan 17 agustus-an.

Menurut Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Merauke ini, upacara 17 Agustus yang dilaksanakan insan PMI Merauke hari ini selain napak tilas, ada dua momen penting lain yaitu menjalankan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih yang sudah dicanangkan Menteri Dalam Negeri di Merauke dan ungkapan syukur terbentuk Provinsi Papua Selatan (PPS).

Pemkot Jayapura Gelar Upacara HUT Ke-77 RI di Koya Timur, Frans Pekey: Rajut Kebersamaan

"Harapannya, ada pertimbangan khusus bukan hanya afirmasi karena orang asli Papua dengan tulus tanpa tawar menawar, bukan melalui perang, mereka mau menyatakan masuk indonesia," imbuh Dominikus Ulukyanan.

Dikesempatan yang sama, inspektur upacara HUT ke-77 RI di PMI Merauke, Lukas Patraw kepada media ini mengungkapkan, insan PMI napak tilas tempat penancapan dan pengibaran bendera merah putih pertama di Merauke sekaligus bersuka cita menyambut PPS.

Baca juga: Pemkot Jayapura Gelar Pawai Budaya dan Kendaraan Hias dari Koya Timur hingga Taman Imbi

"Sejarah bendera merah putih pertama berkibar di selatan Papua tempatnya itu ada di PMI Merauke, bumi Anim Ha," ujarnya.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Merauke menjelaskan, upacara 17 agustus adalah ekspresi ungkapan syukur insan PMI dengan ditetapkannya Undang-Undang (UU) pemekaran Provinsi Papua Selatan dibulan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Mengintip Upacara Detik-detik Proklamasi RI di Ketinggian 2.000 MDPL: Hujan dan Diselimuti Kabut

"Kita coba mengambil inisiatif ini dari ufuk timur. Peserta upacara adalah relawan, Unit Transfusi Darah PMI dan pemilik lapak kuliner PMI. Kami juga mendapat suatu penghormatan khusus dari danrem 174/ATW yang mengutus anggotanya untuk ikut berpartisipaso. Luarbiasa," tandas Lucki Patraw. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved