Pemanfaatan QRIS

Pemkot Jayapura Jadi Barometer Pemanfaatan QRIS untuk ETPD di Papua

Saya imbau kepada perangkat OPD dan maayarakat untuk dapat menggunakan ataupun memanfaatkan QRIS, dalam rangka menuju ekonomi digital

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PEMANFAATAN QRIS - Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey saat menerima plakat penghargaan dari Bank Papua, karena dinilai telah berkomitmen dan menjadi barometer untuk pemanfaatan QRIS melalui pengaplikasian Elektronik Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD), Jumat (19/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura berkomitmen penuh untuk mendorong pemanfaatan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam pengaplikasian Elektronik Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) untuk menjadi barometer di Papua.

Bank Papua Gandeng Pemkot Jayapura Manfaatkan QRIS: Kini Pedagang Tak Khawatir dapat Uang Palsu 

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey, usai mengikuti sosialisasi optimalisasi kebijakan ETPD melalui pemanfaatan QRIS, yang digelar Bank Papua di Jayapura, Jumat (19/8/2022).

"Sore ini kami mengikuti sosialisasi optimalisasi kebijakan ETPD dengan pemanfaatan QRIS, ini merupakan wujud nyata Pemkot untuk mewujudkan kota pintar, karena proses pelayanan akan dilakukan digital," terangnya.

Frans mengatakan sosialisasi optimalisasi kebijakan ETPD melalui pemanfaatan QRIS ini diikuti oleh seluruh pimpinan OPD dalam lingkup Pemerintah Kota Jayapura.

Bank Indonesia Sosialisasi QRIS di Pasar Paraah Sentani, Ini Tanggapan Para Pedagang

"Ini tentu kita harus dorong penggunaan QRIS dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), melalui pajak dan retribusi, serta transaksi lainnya misalnya proses pembayaran di sekolah, puskesmas, dan saya minta juga untuk digunakan pada kelompok UMKM binaan OPD," terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan penggunaan kanal QRIS dapat mempermudah berbagai proses pembayaran, efisien, bersih, dan dapat dipercaya.

"Tujuannya dengan optimalisasi pemanfaatan QRIS, dapat mempermudah, memperlancar, serta memberikan rasa aman dan nyaman, dalam melakukan transaksi pembayaran bagi masyarakat Kota Jayapura Papua," tutur Frans.

Uji Coba QRIS di Malaysia dan Thailand, Bank Indonesia Hadapi Kerawanan Hacker dan Cyber Crime

Dalam kesempatan itu, pihaknya menyambut baik lantaran pemberian apresiasi dari Bank Papua, terkait dengan penggunaan QRIS selama ini di lingkup Pemkot Jayapura.

"Pemkot Jayapura berkomitmen, untuk terus meningkatkan, mengembangkan, dan memperbaiki pelayanan kualitas pemerintahan yang berbasis elektronik dalam mewujudkan e-government," tandasnya.

Hal tersebut tentu dapat dilakukan dengan berbagai program, yang salah satunya sedang dilakukan dengan ETPD, sesuai instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2021 untuk percepatan terhadap elektronifikasi sistem pembayaran Pemerintah Daerah.

Bank Indonesia Sosialisasi Program SIAP QRIS di Pasar Pharaa

"Saya imbau kepada perangkat OPD dan maayarakat untuk dapat menggunakan ataupun memanfaatkan QRIS, dalam rangka menuju ekonomi digital," ajaknya.

Terakhir, pihaknya optimis masyarakat Kota Jayapura dapat lebih cepat menyesuaikan diri dengan arus digitalisasi, termasuk pemanfaatan QRIS dalam proses pembayaran.

"Masyarakat Kota Jayapura adalah masyarakat yang cerdas dan pintar, untuk itu saya yakin mampu menerima pembaruan ini," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved