Papua Terkini

Warga Sentani Padati Lapangan Theys Hiyo Eluay Sambut Mantan Gubernur Papua Kakak Bas

Ratusan warga berbondong-bondong hadiri penyambutan mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu di Lapangan Theys Hiyo Eluay, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Tribun-Papua.com/Putri Nurjannah Kurita
Masyarakat di Sentani tampak memadati Lapangan Theis Eluay, Sentani, Kabupaten Jayapura dalam rangka menyambut Mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu, Sabtu (20/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Ratusan warga berbondong-bondong hadiri penyambutan mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu di Lapangan Theys Hiyo Eluay, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Barnabas Suebu atau lebih dikenal dengan nama Bas Suebu adalah Gubernur Irian Jaya pada masa Orde Baru dari 1988 sampai 1993 dan kembali menduduki posisi yang sama untuk masa jabatan 2006–2011.

Ia mengawali karier politik sebagai kader Partai Kristen Indonesia, sebelum akhirnya berlabuh di Partai Golongan Karya (Golkar).

Baca juga: Kakak Bas Pulang Kampung, Disambut Suling Tambur dan Tarian Adat

Mantan Gubernur Papua itu bebas bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin pada Minggu, 17 Juli 2022.

Barnabas bebas seusai menjalani vonis 8 tahun penjara dalam perkara korupsi pembangunan pembangkit listrik tenaga air di Papua. Proyek itu merugikan negara Rp 43 miliar.

 

 

Pantauan Tribun-Papua.com, masyarakat datang dari berbagai kampung dan distrik di Kabupaten Jayapura. Menampilkan suling tambur, tarian, dan penyanyi dari group Anafre Singer.

Grup Tambur dari Kampung Putali dan Kampung Yoboi ikut memeriahkan acara.

Salah satu karangan bunga bertuliskan Wellcome Home Kaka Bas sebagai orang tua, tokoh karismastik, pemimpin, dan panutan Papua.

Hingga pukul 16.44 sosok Barnabas Suebu nampak memasuki Lapangan Theis Eluay yang disambut sorak- sorai dari masyarakat dan tari penyambutan. Dihadiri oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw didampingi istri Magdalena Awoitauw, dan Ondofolo.

Masyarakat sangat antusias pada kedatangan tokoh pemimpin Papua yang juga sebagai Gubernur Papua ke-13 itu. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved