Pemkot Jayapura

Kemas Program Pelatihan, Pemkot Jayapura Harapkan Nelayan OAP Bersaing Unggul

pihaknya juga telah memberikan bantuan Alat Penangkapan Ikan (API) berupa jaring permukaan kepada 55 Nelayan Orang Asli Papua (OAP).

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
JAYAPURA TERKINI - Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi saat diwawancarai Tribun-Papua.com soal program pelatihan dan pemberdayaan nelayan Kota Jayapura, Rabu (7/9/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dengan berbagai program pelatihan dan pemberdayaan yang dilakukan, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Perikanan mengharapkan para Nelayan Orang Asli Papua (OAP) dapat bersaing unggul.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Rabu (7/9/2022).

"Sebelumnya kita telah mengadakan program pelatihan perawatan dan perbaikan kapal Ikan dari Dinas Perikanan Kota Jayapura, prioritasnya untuk OAP dengan ini tentu diharapkan adanya pengembangan kapasitas SDM Nelayan lokal kita, " jelasnya.

Baca juga: Pemkot Jayapura Optimistis Kenaikan Produksi Ikan Tangkap dan Perikanan untuk Tahun 2022

Selain itu, Matheys mengatakan, pihaknya juga telah memberikan bantuan Alat Penangkapan Ikan (API) berupa jaring permukaan kepada 55 Nelayan Orang Asli Papua (OAP).

"Ini tentunya selain meningkatkan kapasitas mereka, tetapi juga bagaimana peralatan dalam melakukan aktivitas penangkapan Ikan juga dibantu dan didukung," tekannya.

Lelaki murah senyum itu menjelaskan, Dinas Perikanan Kota Jayapura sebelumnya, telah meluncurkan 3 program unggulan berbasis pemberdayaan kepada para Nelayan di Kota Jayapura.

Hingga kini dilaporkan sebanyak 2.139 Nelayan telah merasakan manfaat dari program tersebut.

"Tentu dengan ini bertujuan untuk memberikan penguatan kepada para Nelayan, terlebih di masa pandemi Covid-19," ujarnya.

Baca juga: Dinas Perikanan Kota Jayapura Jangkau Anak-anak dengan Program Gemarikan

Matheys berharap, dengan berbagai program pelatihan dan pemberian bantuan yang telah dilakukan dapat menjadikan produktivitas para Nelayan meningkat, dalam hasil tangkapan perikanan budidaya dan tangkap. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved