KKB Papua

Masih Ingat Lamek Taplo? Komandan OPM Pembakar Alat Berat di Pegunungan Bintang Kini Diburu Polisi

Lamek Taplo dan pasukannya membakar 6 unit alat berat proyek jalan di Distrik Oksebang, Kabupaten Pegunungan Bintang, Senin (12/9/2022). Tangkap!

Tribun-Papua.com/Istimewa
Gerald Sokoy (jaket biru sambil memegang kertas), tenaga kesehatan yang dikabarkan hilang pascapenyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang pada 13 September lalu, kini berada di tangan Tentara Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang dikomandoi Lamek Taplo. 

RIBUN-PAPUA.COM - Masih ingat Lamek Taplo? Dialah komandan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Papua.

Ngalum Kupel adalah sebutan daerah operasi Lamek Taplo Cs.

Terbaru, Lamek Taplo dan pasukannya membakar 6 unit alat berat proyek jalan di Kampung Mangabib, Distrik Oksebang, Kabupaten Pegunungan Bintang, Senin (12/9/2022).

Enam alat berat proyek jalan milik PT DHR yang dibakar sekira pukul 20.00 WIT tersebut terdiri dari 5 ekskavator dan 1 bulldozer.

Baca juga: Organisasi Papua Merdeka Tanggung Jawab Atas Pembakaran 6 Alat Berat Proyek di Pegunungan Bintang

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, aksi pembakaran itu dilakukan oleh KKB Ngalum Kupel pimpinan Nason B Mimin.

Akibat insiden pembakaran itu, 24 karyawan berhasil menyelamatkan diri ke Oksibil, Ibu Kota Kabupaten Pegunungan Bintang.

Sedangkan, 10 karyawan PT DHR lainnya dilaporkan masih terjebak di Kampung Mangabib, Distrik Kiwirok.

“Saat kejadian terdengar 6 kali letusan senjata dari KKB. Sedangkan untuk para karyawan sebanyak 24 orang sudah berada di Distrik Oksibil dan masih ada 10 orang lagi di lokasi kejadian,” kata Kombes Ahmad Musthofa Kamal di Media Center Polda Papua, Selasa (13/9/2022). 

Sebelumnya, Lamek Taplo dan anak buahnya melancarkan serangan ke Gereja di Kampung Apmisibil, Distrik Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang, pada Minggu (1/5/2022).

Serangan itu mengakibatkan dua aparat keamanan terluka.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved