Pemekaran Papua

Dukung Pembentukan 3 DOB, Begini Sikap Tegas Tokoh Agama dan Cendekiawan Muda Papua

Langkah ini dianggap tepat dan mendukung program pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Papua. MAsyarakat diajak jaga kedamaian.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Kordinator Cendekiawan Muda Papua (CMP), Paulinus Ohee, berharap masyarakat Papua selalu dalam damai. Menurutnya, lahirnya 3 DOB bagi Papua merupakan anugerah dari Tuhan. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Seluruh masyarakat Papua diimbau untuk turut serta menjaga keamanan dan ketertiban pasca-pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Bumi Cenderawasih.

Imbauan ini disampaikan Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Papua (PGGP) Pdt MPA Mauri.

Langkah ini dianggap tepat dan mendukung program pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Papua.

Kebijakan DOB dan Otsus juga sudah sejak lama dicanangkan Pemerintah Pusat untuk Papua.

Baca juga: Tegaskan Moratorium DOB Belum Dicabut kecuali Papua dan Papua Barat, Wapres Minta Tak Dipolitisasi

"Saya mengajak supaya kita sebagai umat Tuhan menyerahkan seluruh keamanan aktivitas kita dalam hidup bermasyarakat, kita menjaga kenyamanan di tempat DOB masing-masing supaya semua lancar berjalan" ujar Pdt MPA Mauri, dalam rilis pers diterima Tribun-Papua.com, Jumat (16/9/2022).

Ketua Persekutuan Gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) Provinsi Papua, Pdt.Mpa Mauri
Ketua Persekutuan Gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) Provinsi Papua, Pdt.Mpa Mauri (istimewa)

Pendeta Mauri berujar, masyarakat perlu berkolaborasi dengan pemerintah dalam penyelenggaraan program pembangunan dan kesejahteraan.

"Saya mengajak kita semua bergandengan tangan dan berkolaborasi dengan pemerintah supaya program pemerintah berjalan dengan baik, sukses dan kita semua masyarakat hidup damai dan sejahtera," imbaunya.

Terpisah, Kordinator Cendekiawan Muda Papua (CMP), Paulinus Ohee, berharap masyarakat Papua selalu dalam damai.

Menurutnya, lahirnya 3 DOB bagi Papua merupakan anugerah dari Tuhan.

Tiga provinsi yang baru yakni Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan dan Provinsi Papua Selatan.

"Kami cendikiawan muda Papua yang mandiri, inspiratif, independen, mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di Papua untuk ikut menjaga kedamaian Papua," ujarnya.

Berikut tiga pernyataan sikap cendikiawan muda Papua:

1. Siap mengawal dan mendukung penuh Pemerintah Pusat agar segera mendirikan Pemerintah Sementara di wilayah 3 rovinsi baru.

Baca juga: Masyarakat Papua Diajak Jaga Kamtibmas Pasca-pengesahan DOB, Tokoh Agama: Ini Berkat Tuhan

2. Menolak segala bentuk aktivitas dan kegiatan kelompok yang menolak DOB serta mengganggu situasi Kamtibmas di Tanah Papua ini, dan kami menyerukan agar seluruh pemuda Papua berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di tanah ini, guna mewujudkan Papua yang aman dan damai.

3. Jangan mudah terpengaruh opini-opini negatif di media sosial. Mari kita lebih bijak dalam bermedia sosial dan tentunya selalu bersyukur atas terbentuknya Daerah Otonomi Baru untuk tanah surga ini, sehingga dapat mencapai pemerataan pembangunan, terpenuhinya fasilitas kesehatan dan tentunya meningkatnya kualitas pendidikan bagi generasi muda Papua. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved