Kongres Masyarakat Adat

Kampung Dondai Siapkan 14 Rumah Sambut Tamu Kongres Masyarakat Adat

Kampung Dondai telah menyiapkan 14 rumah untuk para peserta kongres masyarakat adat nantinya dari berbagai nusantara.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Kampung Dondai, Distrik Waibu bakal menjadi satu di antara lokasi sarasehan saat pergelaran Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI di Kabupaten Jayapura, Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Guna menyambut Pergelaran Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI)  di Wilayah Adat Tabi, Kabupaten Jayapura, Papua, pada 24-30 Oktober 2022 mendatang, seluruh masyarakat adat di Bumi Kenambai-Umbai terus melakukan berbagai kesiapan.

Seperti yang dilakukan kali ini oleh masyarakat adat adat Kampung Dondai, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura.

Dimana, Kampung Dondai telah menyiapkan 14 rumah untuk para peserta kongres masyarakat adat nantinya dari berbagai nusantara.

Baca juga: Tokoh Pemuda Jamin Keamanan Kampung Yakonde Saat Kongres Masyarakat Adat

Yo Ondofolo, (kelapa suku), Kampung Dondai, Markus Dike mengatakan, 14 rumah tersebut adalah rumah masyarakat kampung yang disiapkan untuk 160 tamu sarasehan nantinya saat pergelaran kongres masyarakat adat.

"Kami siapkan 14 rumah untuk penginapan peserta nantinya, dan masing-masingnya akan menampung 15 orang," kata Markus, kepada Tribun-Papua.com di Sentani, Selasa (20/9/2022).

 

 

Menurut Markus, sesuai arahan panitia lokal pada beberapa waktu lalu, di mana sebanyak 300 peserta bakal menginap di Kampung Dondai.

Tetapi menurut Markus, mereka hanya bisa menyediakan 14 rumah untuk 160 orang nantinya.

Baca juga: Kampung Nendali Manfaatkan KMAN Dorong Ekonomi Warga, Makanan dan Camilan Khas Disiapkan

"Jika Panitia inginkan tetap 300 orang, panitia hanya bisa berkoordinasi dengan pemerintah kampung dan Ondofolo agar bisa ditangani secepatnya," ujarnya.

Sementara Kepala Kampung Dondai, Yosias Daimoe mengatakan, soal kekurangan tempat inap yang terjadi, bakal dikoordinasikan dengan panitia lokal KMAN VI.

Tetapi yang pasti, menurut Yosias, masyarakatnya beserta tokoh adat di Kampung Dondai, siap menyambut pergelaran KMAN VI pada Oktober 2022 mendatang. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved