Kongres Masyarakat Adat

Tak Ada Jalur Darat, Kampung Dondai Siapkan 13 Perahu Motor Tempel Layani Peserta KMAN

Transportasi dari dan ke Kampung Dondai maupun dari kampung-kampung di sekitar Danau Sentani hanya menggunakan perahu atau motor tempel.

Tribun-Papua.com/Putri Nurjannah Kurita
Motor tempel atau perahu yang akan digunakan sebagai transportasi masyarakat dan peserta KMAN di Kampung Dondai, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI – Masyarakat adat Kampung Dondai, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura menyiapkan 13 motor tempel untuk melayani tamu Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-VI (KMAN VI) di Kabupaten Jayapura.

Diketahui, transportasi dari dan ke Kampung Dondai maupun dari kampung-kampung di sekitar Danau Sentani hanya menggunakan perahu atau motor tempel yang dikemudikan oleh motoris.

Perjalanan menuju Kampung Dondai dapat melewati Kampung Kwadewar menuju dermaga yang menghubungkan beberapa kampung, salah satunya Dondai, lokasinya tepat di belakang Bukit Tungkuwiri.

Baca juga: Bupati Jayapura Mathius Awoitauw Ajak Masyarakat Lembah Grime Manfaatkan Kongres Masyarakat Adat

Untuk menyambut peserta kongres yang akan tinggal dan mengikuti sarasehan, Masyarakat Adat Dondai menyiapkan setidaknya 13 unit perahu motor tempel.

Kepala Kampung Dondai, Yosias Daimoye mengatakan jumlah perahu motor tempel ini masih akan ditambah dari masyarakat di Kampung Sosiri yaitu sebanyak 14 unit perahu.

 

 

“Nanti jumlahnya akan lebih dari 20 unit perahu, Pemerintah Kabupaten Jayapura pun akan menyiapkan sebuah kapal,” katanya di Kampung Dondai, Diatrik Waibu, Minggu (25/9/2022).

Kampung Dondai terletak di seberang Barat Danau Sentani, lanjutnya, tidak ada jalan darat yang menghubungkan antara Dondai dan wilayah lain di sekitarnya. Perahu motor tempel menjadi satau-satunya sarana transportasi andalan dari dan ke Dondai. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved