Info Mimika

KEREN! Pemkab Mimika Beli Dua Mobil Penyapu Jalan dan Compactor

Saya memberikan apresiasi kepada DLH yang telah berusaha untuk memiliki dan memperbaiki semua aspek demi kesehatan masyarakat di Mimika

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua.com/Marselinus Labu Lela
PENYAPU JALAN – Sejumlah petugas sedang menghidupkan mesin mobil penyapu jalan yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah saat launching yang dilakukan Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob, Kamis (8/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika membeli dua mobil penyapu jalan (road sweeper) dan mobil compactor untuk membantu petugas kebersihan dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Dua armada baru tersebut secara resmi dilaunching Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob, Kamis (8/12/2022). Melalui peluncuran tersebut, sekaligus menandai secara resmi pemanfaatan mobil penyapu jalan tersebut.

Baca juga: Kasubag Keuangan, Bendahara dan Operator di Pemkab Mimika Dikenalkan Aplikasi FMIS Simda

"Saya memberikan apresiasi kepada DLH yang telah berusaha untuk memiliki dan memperbaiki semua aspek demi kesehatan masyarakat di Mimika,” terangnya.

Lebih lanjut, Johannes Rettob mengatakan, dengan mobil tersebut bisa memberikan tambahan jangkauan dalam penanganan kebersihan lingkungan di Kota Timika.

Penanganan sampah dilakukan demi kesehatan, sehingga dirinya berharap mobil ini tidak hanya beroperasi di tiga distrik dalam kota saja seperti  Mimika Baru, Wania, dan Kuala Kencana, tetapi ke depan akan bertambah.

"Jadi ternyata penanganan sampah baru 3 distrik. Kalau hanya 3 distrik dan menghasilkan 95 ton sampah perhari itu ngeri juga dan ini harus menjadi perhatian serius," kata Plt Bupati.

Lanjutnya sebagai orang yang duduk di pmerintahan harus berpikir dan merubah menset masyarakat, supaya bukan masyarakat membuang sampah tapi mereka mencari sampah.

Disampaikan Plt bahwa, kebersihan lingkungan merupakan dasar dari kesehatan. Oleh karena itu mari bersama-sama berusaha membuat Mimika lebih baik dalam hal pengelolaan lingkungan.

Baca juga: Jelang Nataru, Pemkab Mimika Keluarkan Surat Edaran tentang Penjualan Miras

"Saya juga minta kepada para Lurah dan RT agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Banyak sekali sampah berserakan di kelurahan dibirkan begitu saja," tuturnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Syahrial menyampaikan bahwa dengan adanya dua armada ini berguna untuk mengevisiensi pekerjaan dilapangan. 

"Truk penyapu jalan ini nerfungsi untuk menyapu jalan serta penyedot sampah dan penyemprot agar memperindah jalan-jalan protokol di kota Mimika. Kalau fungsi mobil compactor itu untuk memaksimalkan pengangkutan sampah 3 kali lebih banyak," jelasnya.

Baca juga: BKPSDM Gelar Pemuktahiran Data karena Banyak Dokumen ASN Pemkab Mimika Terbelokir

Kata Kepala Dinas DLH, dalam penanganan sampah di kota saja DLH menghadapi berbagai persoalan, salah satunya warga belum disiplinan membuang sampah sesuai dengan aturan yang ada. 

"Jadi saya minta dukungan lurah-lurah untuk memberikan sosialisasi bagi warganya," katanya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved