Info Jayapura

Penjabat Bupati Jayapura Harus OAP, Masyarakat: Jika Tidak Teriakan Papua Merdeka Menggema!

Johny mengatakan, penunjukan Pj Bupati Jayapura harus sesuai dengan Undang-Undang (UU) Otonomi khusus (Otsus) di Papua.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Jumpa Pers dari Tokoh Adat dan Tokoh pemuda serta masyarakat Kabupaten Jayapura yang meminta agar penetapan Pj Bupati Jayapura harus OAP. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Alotnya penetapan Penjabat (Pj) Bupati Jayapura oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membuat sejumlah tokoh adat, pemuda dan masyarakat di Bumi Kenambai Umbai keluarkan pernyataan keras, Senin (12/12/2022).

Seperti yang disampaikan Ondofolo (Kepala Suku) Kampung Ifale, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jhony Suebu kepada awak media di Sentani.

Johny mengatakan, penunjukan Pj Bupati Jayapura harus sesuai dengan Undang-Undang (UU) Otonomi khusus (Otsus) di Papua.

Baca juga: DPRD Geram Penetapan Penjabat Bupati Jayapura Alot, Mendagri Setop Bermain Politik di Papua

"Bagi saya sudah sangat jelas Otsus ada karena orang Papua tuntut merdeka, dan pusat memberikannya, maka itu apa saja yang ada di Papua harus Orang Asli Papua (OAP)," kata Jhony.

Menurutnya, berdasarkan informasi yang diperoleh, Jhony mengungkapkan, Pj Bupati Jayapura yang ditunjuk bukan OAP tetapi non OAP.

 

 

Oleh sebab itu dia meminta agar penunjukan tersebut harus dicoret karena dinilai tidak sesuai dengan UU Otsus di Papua.

"Negara sudah berikan Otsus, jangan lagi putar balik orang Papua, maka itu Pj Bupati harus OAP. Kalau sampai macam-macam kami semua akan bicara untuk Papua merdeka," tegasnya.

Lanjut dia, Otsus Papua harus diberlakukan secara jujur, dan jangan hanya demi kepentingan pejabat membuat adu domba antara OAP sendiri.

Senada dengan Tokoh Perempuan Wilayah Adat Tabi, Lidia Mokay mengatakan, sebagai perempuan asli Papua meminta agar jabatan Pj Bupati Jayapura tidak boleh orang dari luar Papua.

Baca juga: Sekda Hana Hikoyabi: Bupati Mathius Awoitauw dan Wabup Giri Wijayantoro Sosok Paling Ramah!

"Saya yakin dan tahu persis, karena banyak OAP yang punya kemampuan dan bisa menjadi Pj Bupati Jayapura. Bukan hanya orang pendatang saja. Jadi, tidak boleh diberikan peluang kepada siapapun yang bukan OAP," kata Lidia.

Sebab menurutnya, sesuai dengan UU Otsus telah diberikan kekhususan agar OAP menentukan nasib mereka di atas tanah sendiri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved