Hadirnya Inpres Baru PON 2020 Papua Bisa Mempercepat Pembangunan Venue

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) harus mempercepat terbitnya Inpres baru.

Hadirnya Inpres Baru PON 2020 Papua Bisa Mempercepat Pembangunan Venue
www.papua.go.id
Hadirnya Inpres Baru PON 2020 Bisa Mempercepat Pembangunan Venue 

TRIBUNPAPUA.COM - Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alexander Kapisa, ST mengatakan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) harus mempercepat terbitnya Instruksi Presiden (Inpres) baru.

Dikutip TribunPapua.com dari laman resmi Pemerintah Provinsi Papua, Jumat (9/8/2019), hal itu untuk mendorong percepatan pembangunan venue dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 dan Peparnas Ke XVI di Provinsi Papua.

"Kami sedang menunggu Inpres baru yang saat ini sedang berproses untuk mendapatkan paraf dari Menteri PMK," kata Kapisa dalam rapat koordinasi Persiapan Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Tahun 2020 yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Rabu (07/08/2019) di Jakarta.

"Inpres baru ini sangat penting untuk segera disahkan karena bagi kami di Papua Inpres ini nanti akan menjadi acuan bagi kami dalam melakukan perubahan APBD, baik APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten/Kota. Untuk itu kami mohon agar Inpres ini dapat segera ditandatangani oleh Bapak Presiden," lanjutnya.

Pemerintah Provinsi Dorong Bupati Dan Wali Kota untuk Buat Perda Pelestarian Budaya Papua

Menurut Kapisa, secara umum penyiapan venue, baik yang disiapkan oleh PUPR sebagaimana yang ditugaskan oleh Inpres No 10 tahun 2017 maupun yang didanai oleh APBD terus berlangsung.

"Pengerjaan venue saat ini menunjukkan grafik yang menggembirakan. Saat ini pembangunan istora dan aquatik serta hoki dan kriket menunjukkan deviasi yang positif, bahkan lebih cepat dari yang ditargetkan," jelasnya.

"Demikian juga dengan venue yang dibiayai APBD yang sudah berjalan juga capaiannya sesuai dengan target. Misalnya GOR Futsal di Kabupaten Mimika sudah mencapai 80 persen penyelesaiannya," katanya.

Dalam rapat itu, Wakil Ketua KONI, Suwarno, mengatakan bahwa sampai saat ini masih terdapat beberapa venue yang masih belum dikerjakan.

Kembangkan Pariwisata, Bappenas Dorong Diadakannya Acara Rutin di Papua

"Pemprov Papua perlu lebih fokus lagi untuk mempercepat proses-proses pembangunan venue-venue PON ini," kata Suwarno.

"Dalam pembangunan venue tersebut sekali lagi kami ingatkan agar memperhatikan standar-standar yang telah ditetapkan oleh masing-masing cabor, karena berkaitan dengan pengakuan dari hasil yang diperoleh yang harus didukung dengan standar venue yang telah ditetapkan," tegas Suwarno.

Halaman
12
Penulis: Sigit Ariyanto
Editor: mohamad yoenus
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved