Ketua MPR Tanggapi KKB yang Terus Berulah di Papua: Apa yang Terjadi, Itu adalah Anak-anak Kita

Kelompok kriminal bersenjata ( KKB) terus berulah di sejumlah daerah di Papua dan tidak jarang menimbulkan jatuhnya korban jiwa.

Ketua MPR Tanggapi KKB yang Terus Berulah di Papua: Apa yang Terjadi, Itu adalah Anak-anak Kita
(KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI)
Ketua MPR Bambang Soesatyo didampingi Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal ketika memberikan keterangan pers di Stadion Papua Bangkit, Jayapura, Papua, Selasa (3/03/2020) 

TRIBUNPAPUA.COM - Kelompok kriminal bersenjata ( KKB) terus berulah di sejumlah daerah di Papua dan tidak jarang menimbulkan jatuhnya korban jiwa.

Sejak awal 2020, KKB dari beberapa kelompok terus melakukan aksinya dengan senjata api.

Polisi yang Kena Serpihan Kaca saat Mobil Patroli Polsek Tembagapura Ditembak KKB Kini Dirawat Jalan

Melihat hal tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo menginginkan pemerintah dan aparat penegak hukum tetap mengedepankan upaya persuasif untuk mengatasi masalah tersebut.

"Apa yang terjadi hari-hari ini, itu adalah anak-anak kita yang perlu kita rangkul kembali, kita ajak membangun Papua secara bersama-sama," ujar Bamsoet, sapaannya, saat mengunjungi Stadion Papua Bangkit, Jayapura, Papua, Selasa (3/3/2020).

Menurut dia, salah satu tujuan dari kedatangannya ke Papua adalah untuk mencari solusi bagi masalah keamanan yang disebabkan oleh KKB.

Ia memastikan langkah militer belum menjadi opsi untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

"Karena tujuan kami ke sini juga ingin mendorong penyelesaian (masalah) Papua secara permanen dengan pendekatan keadilan, kesejahteraan, dan kebudayaan," kata Bambang.

Proses pembangunan di Papua, lanjut dia, harus tetap berjalan agar tidak ada lagi stigma Papua merupakan daerah tertinggal di Indonesia.

Video Detik-detik Polri Tembaki KKB yang Serang Warga Sipil, Tampak Wanita dan Anak-anak Berlindung

Ia pun mengajak semua pihak untuk sama-sama berupaya menciptakan dan menjaga situasi keamanan yang kondusif di Papua.

"Kami seluruh rakyat Indonesia memiliki kepentingan yang sama sehingga perdamaian di Indonesia dan juga di dunia," kata dia.

Halaman
1234
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved