Di Balik Tragedi Meninggalnya 6 Dokter karena Corona, Dokter Adib: Masyarakat Ada yang Tak Jujur

IDI, dr Adib Khumaidi mengungkap risiko penanganan pasien Virus Corona hingga menyebabkan enam dokter meninggal dunia.

Di Balik Tragedi Meninggalnya 6 Dokter karena Corona, Dokter Adib: Masyarakat Ada yang Tak Jujur
Channel YouTube Talk Show Tv One
Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Adib Khumaidi mengungkap risiko penanganan pasien Virus Corona. 

TRIBUNPAPUA.COM - Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Adib Khumaidi mengungkap risiko penanganan pasien Virus Corona hingga menyebabkan enam dokter meninggal dunia. 

dr Adib Khumaidi sempat menyinggung kurangnya keterbukaan masyarakat menjadi satu di antara risiko penularan Virus Corona pada tenaga medis.

Dilansir TribunWow.com dari channel YouTube Talk Show Tv One pada Senin (23/3/2020), presenter mulanya bertanya apa kaitan dokter bedah dengan Covid-19.

Pasalnya, dalam enam kasus dokter meninggal di tengah wabah Virus Corona, tidak semuanya berprofesi sebagai dokter spesialis paru.

Sedangkan, Covid-19 adalah penyakit yang menganggu saluran pernafasan.

"Apa kaitannya dokter bedah dengan penanganan Covid-19?," tanya presenter tvOne, mempertanyakan adanya dokter bedah yang meninggal karena positif Corona.

Menanggapi hal tersebut, Adib mulanya menilai hal tersebut bisa terjadi karena sebagian besar penderita Covid-19 tak merasakan gejala apapun.

Hal ini tentu menjadi faktor penderita bisa saja menularkan Virus tersebut, pada siapapun yang dijumpainya.

"Jadi memang tidak (menginfeksi) semua yang langsung menangani. Karena apa? Ada data di beberapa referensi, 80 persen yang Covid-19 positif itu asymptomatic carrier (pembawa tanpa gejala), dia enggak ada keluhan," jawab Adib.

Ia menyebutkan, bisa saja orang yang terjangkit Virus Corona tanpa gejala itu pergi ke dokter bedah untuk memeriksakan keluhan sakitnya yang lain.

Halaman
1234
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved