Breaking News:

Cocok untuk Penderita Asam Urat, Ini Tips dan Cara Menjalankan Diet Purin

Apakah Anda pernah mendengar tentang diet rendah purin? Diet yang satu ini sangatlah bermanfaat bagi penderita asam urat.

(Wand_Prapan)
Ilustrasi diet 

TRIBUNPAPUA.COM - Apakah Anda pernah mendengar tentang diet rendah purin? Diet yang satu ini sangatlah bermanfaat bagi penderita asam urat.

Asam urat merupakan hasil pemecahan purin yang secara alami diproduksi dalam tubuh maupun didapat dari makanan tertentu.

Ketika Anda mengonsumsi banyak makanan yang tinggi purin, maka tubuh juga akan memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi.

Diet rendah purin pun dibutuhkan untuk mencegah permasalahan ini.

Baca juga: 4 Manfaat Buah Alpukat untuk Diet, Bisa Menahan Lapar hingga Kecilkan Lemak Perut

Apa itu diet rendah purin?

Diet rendah purin adalah diet yang dilakukan untuk meminimalkan jumlah purin dalam tubuh, dan mengurangi jumlah asam urat dalam darah.

Ketika kadar asam urat melebihi jumlah yang dapat diproses oleh tubuh, maka asam tersebut akan membentuk kristal dalam darah yang bisa menyebabkan gout maupun batu ginjal.

Terdapat dua langkah penting dari diet rendah purin, yaitu dengan menghindari makanan yang mengandung purin tingkat tinggi dan mengonsumsi makanan yang dapat membantu tubuh mengendalikan kadar asam urat.

Menurut American Academy of Family Physicians, diet rendah purin terbukti menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko komplikasi.

Diet ini sebetulnya sangat baik untuk siapa saja karena mendorong konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah dibanding daging berminyak.

Halaman
123
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved