Breaking News:

Tolak PSU, Pendukung Yusak Yaluwo-Yakob Weremba Gelar Aksi Unjuk Rasa di Boven Digoel

Seratusan orang pendukung pasangan calon di pilkada Kabupaten Boven Digoel 2020, YY, menggelar aksi unjuk rasa, Kamis (25/3/2021).

(TribunPapua.com/Musa Abubar)
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal - Seratusan orang pendukung pasangan calon di pilkada Kabupaten Boven Digoel 2020, YY, menggelar aksi unjuk rasa, Kamis (25/3/2021). 

TRIBUNPAPUA.COM - Seratusan orang pendukung pasangan calon di pilkada Kabupaten Boven Digoel 2020, Yusak Yaluwo-Yakob Weremba (YY), menggelar aksi unjuk rasa, Kamis (25/3/2021).

Mereka meminta KPU Boven Digoel dan pemerintah kabupaten tak mencairkan dana untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU).

Dalam sengketa pilkada Boven Digoel, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan YY didiskualifikasi dari pemilihan Bupati dan Wakil BUpati Boven Digoel tahun 2020.

Alasannya MK menilai, Yusak tidak memenuhi syarat pencalonan yang ditentukan oleh perundang-undangan.

Baca juga: Kapolda Papua Minta Tiga Kabupaten yang Lakukan PSU Pilkada Hormati Putusan MK

"Seratusan massa pendukung YY menggelar aksi unjuk rasa di kediaman YY menuntut PSU tidak dilaksanakan, tetapi unjuk rasa tersebut berjalan aman," kata Kapolres Boven Digoel AKBP Syamsurijal ketika dikonfirmasi TribunPapua.com lewat telepon, Kamis (25/3/2021).

Syamsurijal mengatakan para pendukung YY melakukan orasi dengan tertib dan suasana unjuk rasa terbilang kondusif.

Ia mengatakan bahwa aparat keamanan dan massa melakukan komunikasi dengan baik.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan bahwa massa menolak PSU dan agar Bupati dan Wakil Bupati Pelaksana agar memimpin hingga 2024.

"Kapolres, Dandim dan personel kepolisian yang melakukan pengamanan di lokasi, mendampingi masyarakat yang menyampaikan orasi di sekitar kediaman YY," ujarnya.

"Kita berharap apa yang menjadi putusan MK kita kawal agar situasi bisa kondusif, karena putusan MK itu adalah final proses demokrasi yang sedang berjalan," katanya.

Baca juga: Polda Papua Minta Bantuan 3 Kompi dari Mabes Polri untuk Amankan 3 Kabupaten yang Bakal Gelar PSU

Halaman
12
Penulis: Musa Abubar
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved