Breaking News:

Pergantian dua OPD di Papua

Gubernur Papua Dinilai Tak Rasional Ganti Dirut RSUD Jayapura dan Dua Kepala OPD

Pergantian secara mendadak Direktur RSUD Jayapura drg Aloysius Giyai dan dua Kepala OPD oleh Gubernur Papua, dinilai tidak memiliki dasar yang jelas.

(Dok Staf Khusus Gubernur Papua Dian Mustikawati)
Gubernur Papua Lukas Enembe melantik beberapa Kepala OPD dan kepala Bidang di lingkungan Pemprov Papua, Jayapura, Papua, Jumat (20/8/2021) 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pergantian secara mendadak Direktur RSUD Jayapura drg Aloysius Giyai dan dua Kepala OPD oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, dinilai tidak memiliki dasar yang jelas.

Hal ini disampaikan Ketua Ikatan Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Cenderawasih (Uncen), Yulianus Dwaa, kepada Tribun-Papua.com, Sabtu (21/8/2021).

"Kita pertanyakan indikator apa yang menjadi alasan pergantian drg Aloysius Giyai,  padahal kita tahu dia sedang berjuang merubah wajah RSUD Jayapura yang kumuh selama ini," ungkapnya di Kota Jayapura.

Menurutnya, drg Aloysius di mata tenaga kesehatan wilayah Papua merupakan tokoh  yang memiliki sepak terjang yang tidak tersaingi.

Baca juga: Lukas Enembe Dinilai Keliru Ganti Dirut RSUD Jayapura dan Kadis Pendidikan Papua

Baca juga: Vaksinasi di Sorong Nyaris Dibubarkan Satpol PP, Gubernur Papua Barat Kesal: Bicarakan Baik-baik

Bahkan, penggantinya di beberapa jabatan strategis sebelumnya, dinilai belum mampu mengikuti jejak putra terbaik Mee tersebut, dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat Papua.

"Beliau orang asli Papua, track record jelas, punya prestasi dalam memajukan kesehatan di Papua,  berbagai terobosannya banyak dapatkan pengakuan dari negara melalui Kementerian Kesehatan," ujarnya.

"Bahkan mantan Menteri Kesehatan dr Terawan hadir dalam Raker Kesehatan tingkat Provinsi Papua saat dia masih jabat Kadinkes Papua." 

Selain mempertanyakan pergantian tersebut, Yulianus Dwaa juga meragukan terobosan pejabat baru, sebagaimana yang ditorehkan drg Aloysius Giyai.

Baca juga: Kapolda Diminta Segera Usut Pelaku Teror Jurnalis Papua Victor Mambor dan Lucky Ireeuw

"Pergantian pejabat itu hal yang biasa,  tapi kita prihatin dengan model pergantian tanpa ada indikator yang jelas," akunya.

Di samping itu, Yulianus sangat menyayangkan pernyataan Juru Bicara Gubernur Papua, Rifai Darus, terkait dengan pergantian Direktur RSUD Jayapura.

Ketua Ikatan Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Cenderawasih, Yulianus Dwaa
Ketua Ikatan Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Cenderawasih, Yulianus Dwaa (istimewa)
Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved