Breaking News:

PON XX Papua

Ketua Kontingen PON Papua: Kami Optimis Masuk Peringkat 5 Besar

“Kami target 84 emas dan minimal berada di posisi lima klasemen perolehan medali,” kata Ketua Kontingen PON Papua Mathius D Fakhiri.

Editor: Roy Ratumakin
Dok Staf Khusus Gubernur Papua Dian Mustikawati
Gubernur Papua, Lukas Enembe, menyerahkan Pataka Kontingen PON Papua kepada Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, yang ditunjuk sebagai Ketua Kontingen PON Papua pada PON XX 2021, Jayapura, Papua, Kamis (9/9/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM: Ketua Kontingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Mathius D Fakhiri mengaku optimis, kontingen Papua dapat meraih posisi lima besar pada ajang olahraga empat tahunan tersebut di rumah sendiri.

“Kami target 84 emas dan minimal berada di posisi lima klasemen perolehan medali,” kata Fakhiri yang juga menjabat sebagai Kapolda Papua tersebut, Kamis (9/9/2021) kepada wartawan termasuk Tribun-Papua.com.

Untuk mencapai target tersebut, Fakhiri dan timnya bekerja keras demi mewujutkan harapan masyarakat Papua.

Baca juga: Finishing Touch Dibenahi, Persipura Tatap Laga Persela

"Untuk para atlit Papua sudah 80 persen tiba di Papua dan telah tiba di klaster-klaster PON dan semua sudah siap 90 persen untuk melaksanakan perlombaan,” ujarnya.

Untuk 20 persennya, kata Fakhiri, diharapkan sudah berkumpul semua di tanah Papua di minggu kedua September ini agar bisa berlatih di lapangan, sehingga saat perlombaan mereka akan lebih siap dan lebih matang lagi.

“Kita semua akan berusaha meraih medali emas dan mengumpulkan sebanyak mungkin sehingga kita bisa sukses dalam penyelenggaraan khususnya sukses prestasi," harapnya.

Fakhiri menegaskan, pihaknya memastikan menjaga seluruh atlet, pelatih, hingga pihak official Kontingen PON Papua agar mereka tetap disiplin hingga pelaksanaan PON berakhir pada 15 Oktober 2021.

"Saya minta semua ikuti aturan yang berlaku," tegasnya.

Baca juga: 445 Warga Maybrat Mengungsi ke Pedalaman, Bupati: Jangan Takut, Kami Jamin Keselamatan

Pelaksanaan PON XX 2021 sendiri, digelar di empat kabupaten dan kota, termasuk Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika yang hanya bisa dijangkau dengan moda transportasi udara, Kontingen PON Papua dibagi menjadi empat tim.

"Dalam kontingen yang telah kita bagi di empat klaster PON, kami juga telah menunjuk para wakil ketua kontingen dengan kepengurusannya untuk mengurus para atlet yang ada di empat klaster yang ada," kata Fakhiri.

Baca juga: 1.600 Pasukan Diturunkan Pekan Depan Amankan PON XX Papua

Sementara itu, Gubernur Papua Lukas Enembe yang mengukuhkan Fakhiri sebagai Ketua Kontingen PON Papua menyatakan, Papua tidak hanya mengejar kesuksesan menjadi penyelenggara PON XX, tetapi juga harus memperbaiki prestasi dari PON sebelumnya.

"Ini adalah kesempatan kita untuk menunjukkan bahwa Papua bisa menjadi garda terdepan bangsa Indonesia dalam urusan olahraga," katanya.

Baca juga: Jacksen F Tiago: Todd Rivaldo Ferre Harus Kendalikan Emosi

Pelaksanaan PON XX 2021 direncanakan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Akan ada 37 cabang olahraga dan sepuluh cabang eksebisi yang dipertandingkan dalam PON XX. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved