Breaking News:

KKB Papua

KKB: Kami Mau Dialog Dengan Presiden Jokowi dan Difasilitasi PBB

Belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah besar akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang selalu mengganggu keamanan nasional.

Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
ILUSYRASI - Kontak senjata kembali terjadi di Bilogai, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Dalam kontak tembak tersebut, 1 anggota TPN-OPM dikabarkan meninggal dunia. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah besar akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang selalu mengganggu keamanan nasional.

Selain mengganggu, KKB tersebut juga telah membunuh masyarakat sipil bahkan aparat keamanan baik itu TNI dan Polri.

Presiden Jokowi pun berujar bahwa KKB atau teroris yang di cap oleh negara tersebut tak punya tempat di bumi pertiwi, Indonesia.

Baca juga: Kronologis Penembakan Karyawan PT Delarosa oleh KKB di Nduga Papua

 “Saya tegaskan tidak ada tempat untuk kelompok-kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air,” tegas Presiden Jokowi.

Menanggapi pernyataan Presiden Jokowi, Presiden interim United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda mempertanyakan terkait Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) yang dijuluki penjahat atau teroris.

Wenda juga meprotes pernyataan Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo yang mendesak Pemerintah untuk segera mengambil tindakan tegas, dengan menyebut, "Hancurkan mereka (KKB) dulu. Kita akan membahas masalah hak asasi manusia nanti."

Menurut Wenda, pernyataan Bambang Soesatyo dinilai mengabaikan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam memberantas KKB.

Baca juga: Satu Karyawan PT Delarosa Tertembak Oleh KKB di Nduga Dirujuk ke Mimika

"Ini adalah mentalitas yang menyebabkan penyiksaan dan pembunuhan Pastor Yeremia Zanambani tahun lalu," ujarnya.

OPM Minta Dialog Langsung dengan Presiden Jokowi

Terbaru, Mabes Polri lewat Kadiv Humas Irjen Argo Yuwono mengajak pihak OPM untuk gencatan sejata lalu berdialog demi mencari solusi penyelesaikan konflik di Papua.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved