Breaking News:

Opini

Selesaikan Konflik Papua dengan Keberanian 

Masyarakat Papua bukanlah musuh yang diperangi, melainkan saudara kandung yang harus dicintai, dilindungi, dibantu dan dijaga harkat dan martabatnya.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Danrem 174/ATW Merauke, Brigjen TNI Bangun Nawoko. 

Oleh: Brigjen TNI Bangun Nawoko

(Komandan Korem 174 / Anim Ti Waninggap (ATW) Merauke)

------------

HARI ini kita telah berada di Bulan Desember 2021, bulan yang memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Papua dan Indonesia. 

Bulan Desember yang secara umum merupakan bulan kebahagiaan bagi sebagian masyarakat Papua yang ingin merayakan Natal dan Tahun baru dengan kegiatan ibadah dan perayaan damai.

Namun sekaligus merupakan bulan kewaspadaan dan kekuatiran karena dianggap sebagai hari kemerdekaan bagi sekelompok orang. Biasanya berpotensi memicu tindak-tindak kekerasan yang merugikan masyarakat.

Situasi seperti ini sudah berlangsung selama puluhan tahun dan hingga saat ini belum ditemukan formulasi yang paling tepat untuk menyelesaikannya.

Baca juga: Klaim Peringatan Papua Merdeka 1 Desember, Polisi: Mimika Kondusif, Tak Ada Gangguan Menonjol

Pergantian pimpinan TNI dan TNI AD secara bersamaan yang diiringi oleh semangat perubahan paradigma dalam penyelesaian masalah Papua dengan mengedepankan cara-cara damai dan merangkul masyarakat baik oleh pimpinan TNI maupun TNI AD, direspon secara positif oleh banyak pihak. 

Kebijakan baru yang diterapkan oleh pimpinan TNI dan TNI AD yang selama ini menjadi salah satu stakeholder utama penanganan konflik Papua.

Seolah-olah memberikan angin segar bagi upaya penyelesaian masalah Papua secara komprehensif dan tuntas. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved