info BMKG

Gempabumi Tektonik Magnitudo 5,3 Guncang Kabupaten Yahukimo Papua  

Pada Jumat, 1 April 2022 pukul 06.18.18 WIB gempabumi berkekuatan 5,3 guncang wilayah Dekai, Yahukimo, Papua diguncang gempa tektonik

Editor: Musa Abubar
ABCnews.
Ilustrasi gempa. 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mendata pada Jumat, 1 April 2022 pukul 06.18.18 WIB wilayah Dekai, Yahukimo, Papua diguncang gempa tektonik.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo magnitudo 5,0.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,88 derajat Lintang Selatan, 139,61 dejarajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Dekai, Yahukimo, Papua pada kedalaman 12 kilo meter.

Baca juga: Kemenangan Persipura Jayapura Berakhir Pilu, Tangis Alfredo Vera Pecah: Tim Ini Luar Biasa

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata Bambang, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser ( strike-slip ),"kata Bambang melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Jumat pagi.

Baca juga: Turut Sedih Persipura Jayapura Terdegradasi, Rahmad Darmawan: Mereka akan Segera Bangkit

Bambang menjelaskan, berdasarkan analisis hasil pengukuran percepatan tanah dan pemodelan peta guncangan ( shakemap ), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Dekai, Yahukimo skala intensitas V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun ),

Selanjutnya, daerah Kota Oksibil, Kota Elelim dengan skala intensitas III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), dan daerah Kota Kobakma dengan skala intensitas II - III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ).

Baca juga: Gelar Rakerwil NasDem, Mathius Awoitauw: Ajang Bersinergi Menatap Pemilu 2024

Menurut dia, hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

" Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,"ujarnya.

Hingga pukul 06.45 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 (satu) aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ) dengan magnitudo 4,2.

Baca juga: Klub Kebesaran Degradasi, Boaz Solossa Menangis: Sampai Mati Sa Persipura!

Dia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Baca juga: Kabur Saat Vs Madura United Berujung Degradasi, Alfredo Vera : Harusnya Kami Aman

 Bambang meminta masyarakat memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id

Atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved