Destinasi Wisata Papua Barat

Intip Wisata Teluk Toran, Kepingan Surga Tersembunyi di Fakfak Papua Barat

Teluk Toran merupakan sebuah teluk yang terbentang membentuk pulau-pulau bebatuan karst dengan mayoritas tumbuhan anggrek di atasnya

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
WISATA DI PAPUA - Potret objek wisata Teluk Toran Distrik Karas, Kabupaten Fakfak Papua Barat, yang memiliki perairan sebening kristal. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Satu kepingan surga dari Bumi Cenderawasih, inilah potret objek wisata Teluk Toran di Kabupaten Fakfak Papua Barat.

Teluk Toran merupakan sebuah teluk yang terbentang membentuk pulau-pulau bebatuan karst dengan mayoritas tumbuhan anggrek di atasnya, serta pada garis pantai yang dimilikinya terdapat hamparan pasir putih yang cukup luas.

Pesona Teluk Karopai Sarawandori di Kepulauan Yapen Papua yang Memukau

Teluk Toran secara astronomis terletak pada 132°46’ BT dan 3° 38’ LS dan secara administratif termasuk di dalam wilayah Kampung Mas dan Antalisa Distrik Karas, Kabupaten Fakfak Papua Barat.

Dalam literatur bahasa lokal setempat, kata “Toran” berarti “Batu duduk”, karena spot wisata Teluk Toran ini memang merupakan bebatuan karst yang posisinya berada di bawah kaki Gunung Bay.

Teluk Toran juga memiliki panjang garis pantai sekitar 4.200 Meter dan di sepanjang lepas Pantai Toran terdapat atol-atol dengan kondisi perairan yang jernih dengan kisaran jarak pandang dalam air berkisar 25 Meter, yang menjadikan perairan ini baik untuk pertumbuhan ekosistem karang dan habitat berbagai jenis biota laut lainnya.

Intip Pesona Air Terjun Ubadari, Tempat Pemandian Alami Warga Fakfak Papua Barat

Teluk ini juga memiliki laguna yang cukup luas sekitar 1 Ha, terdapat sistem aliran goa berair yang bermuara ke laguna.

Lokasi objek wisata Teluk Toran memang relatif jauh dan sulit dijangkau dari pusat Kota Fakfak, karena akses satu-satunya harus melalui wilayah perairan.

Waktu tempuh dari pusat Kota Fakfak ke Teluk Toran sekira 50 menit, menggunakan Speed Boat dan 2 jam menggunakan long boat dengan 1 mesin 40 pk.

Biaya sewa transportasi untuk menuju lokasi wisata ini masih cukup mahal, dan akan lebih baik jika wisatawan datang bersama rombongan dan memiliki kenalan dekat dengan pemilik perahu, maka akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Pesona Kepulauan Ugar Fakfak Papua Barat, Dari Gugusan Pulau Hingga Pasir Panjang

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved