Wisata Papua

ASDP Operasikan 2 Kapal Wisata Untuk Layani Pelancong Berkeliling Danau Sentani Jayapura

Selain melayani lintasan reguler dari Pemerintah Pusat, kapal ini juga bisa digunakan untuk angkutan wisata seperti yang sudah dijalankan

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
WISATA DI PAPUA - Potret Km Emfote yang tengah bersandar di Dermaga Kalkhote Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Papua, Minggu (26/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Sebanyak 2 unit kapal milik Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, yang dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), kini siap melayani pelancong berkeliling Danau Sentani Jayapura.

Destinasi Wisata Danau Sentani Papua, Simak Harga Tiket dan Sewa Perahu hingga Rute ke Sana

Kepada Tribun-Papua.com Minggu (26/6/2022), General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Biak, Jamaluddin mengatakan sebenarnya 2 unit kapal tersebut, telah difungsikan atau beroperasi saat menyongsong PON XX Oktober 2021 lalu.

"Sebetulnya pengoperasian 2 unit kapal yaitu KM Emfote dan KM Itaufili ini sejak menyambut PON XX, sempat dipakai saat mengarak obor PON di Danau Sentani waktu itu," ujarnya.

Namun memang pengoptimalan fungsinya sebagai angkutan perjalanan wisata baru belakangan ini saja, setelah melihat minat masyarakat dan wisatawan dari luar daerah.

Masyarakat Diminta Jaga Kelestarian Danau Sentani, Joko Sunaryo: Punya Nilai Strategis

"Selain melayani lintasan reguler dari Pemerintah Pusat, kapal ini juga bisa digunakan untuk angkutan wisata seperti yang sudah dijalankan sesuai paket trip wisata," jelasnya.

Jamaluddin menginformasikan bahwasanya, 2 kapal ini memiliki rute yang berbeda dan dapat disesuaikan dengan permintaan wisatawan.

"Untuk paket perjalanan wisata yang terjadwal bagi KM Emfote ialah melayani rute Kalkhote - Yabaso - Yahim dengan harga Rp 88.000 pulang pergi per orangnya," sebut Jamaluddin.

Bupati Jayapura Temui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Untuk Meriahkan Festival Danau Sentani

Sementara disebutkannya untuk KM Itaufili melayani rute Kalkhote - Waena - Puay dengan harga Rp 102.000 pulang pergi.

"Jadwal keberangkatan untuk kedua kapal, yakni pada Hari Selasa sampai Sabtu pukul 09.00 WIT dan khusus Hari Jumat berangkat pukul 14.00 WIT," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved