Tutup Usia, Tjahjo Kumolo Dikenal sebagai Sosok yang Sederhana dan Gemar Wisata Kuliner

Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/6/2022). Ia dikenal sebagai sosok yang sederhana dan gemar berwisata kuliner.

Humas Menteri PANRB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo - Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/6/2022). Ia dikenal sebagai sosok yang sederhana dan gemar berwisata kuliner. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/6/2022).

Selama menjadi menteri, Tjahjo Kumolo dikenal sebagai sosok yang sederhana.

Hal itu tercermin dari kebiasaan Tjahjo Kumolo yang lebih memilih menggunakan mobil pribadinya yakni Toyota Innova untuk berdinas ketika menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Baca juga: Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia setelah Sempat Dirawat di RS, Ini Profilnya

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menjadi pembicara dalam rangkaian acara pembukaan rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017, di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis (4/5/2017).
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo

Sebenarnya, para menteri difasilitasi mobil mewah Toyota Crown Royal Saloon.

Hanya saja, Tjahjo mengaku lebih nyaman memakai mobil pribadinya yang jauh lebih sederhana.

"Lebih nyaman saja. Kalau (mobil) ini mogok, baru saya pakai mobil itu (mobil dinas)," kata Tjahjo seusai menghadiri rapat kerja bersama DPD, di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, 5 November 2014.

Toyota Innova milik Tjahjo telah digunakannya sedari 2012. Dia menggunakan mobil itu sejak masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan dan anggota DPR RI.

Tak ada perubahan besar pada mobil tersebut meski Tjahjo telah menjabat sebagai menteri. Hanya saja, pelat nomor mobil kala itu diganti menjadi RI 20 atau kode untuk jabatan Menteri Dalam Negeri.

Selain itu ada modifikasi pada bagian pelek yang diganti dan ada penyesuaian di bagian interior mobil.

Tjahjo mengatakan, jika tengah berdinas menggunakan mobil pribadinya, Toyota Crown Royal Saloon yang disediakan negara untuknya hanya diparkir di Kantor Kemendagri.

Selain Toyota Innova, Tjahjo juga memiliki sedan lawas berjenis Toyota Crown buatan tahun 1992 dan 1993.

Mobil pribadi itu juga kerap Tjahjo gunakan untuk berdinas selama menjabat Menpan RB. Sama seperti Innova miliknya, mobik jadul tersebut dilengkapi dengan pelat nomor menteri.

Baca juga: Politisi PDIP Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Gemar Wisata Kuliner

Tjahjo juga dikenang sebagai sosok yang gemar menjajal kuliner.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved