Mahfud MD Sebut Jokowi Sudah Kantongi Nama untuk Isi Kursi Menpan-RB Pengganti Tjahjo Kumolo

Menko Polhukam Mahfud MD sebut Presiden Jokowi sudah mengantongi nama yang bakal mengisi kursi Menpan-RB yang ditinggalkan mendiang Tjahjo Kumolo.

(KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019) - Menko Polhukam Mahfud MD sebut Presiden Jokowi sudah mengantongi nama yang bakal mengisi kursi Menpan-RB yang ditinggalkan mendiang Tjahjo Kumolo. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut telah mengantongi nama sosok yang akan mengisi kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Mahfud MD mengatakan Jokowi hanya menunggu lewatnya masa berkabung atas meninggalnya Menpan-RB sebelumnya Tjahjo Kumolo.

Baca juga: Tutup Usia, Tjahjo Kumolo Dikenal sebagai Sosok yang Sederhana dan Gemar Wisata Kuliner

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo (Humas Menteri PANRB)

“Pak Jokowi pasti sudah tahu dan sudah ada di kantong beliau. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu belasungkawa,” kata Mahfud yang juga Menpan-RB ad interim saat dikonfirmasi, Senin (4/7/2022).

Mahfud meyakini bahwa Presiden mempunyai perangkat penilaian yang lengkap untuk memilih figur yang tepat menjadi menteri.

Pengangkatan tersebut juga berdasarkan hak prerogatif presiden.

“Oleh sebab itu saya tak punya preferensi penilaian apa pun dan siapa pun untuk menjadi pengganti Pak Tjahjo Kumolo,” terang Mahfud.

Baca juga: Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia setelah Sempat Dirawat di RS, Ini Profilnya

PDIP Serahkan ke Jokowi

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan bahwa PDIP menyerahkan sepenuhnya terkait pengganti Menpan-RB Tjahjo Kumolo kepada Jokowi.

"Kita masih dalam suasana duka, tentu saja kita sadari memaklumi bahwa itu adalah kewenangan dari pak Jokowi," kata Djarot ditemui di Kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro, Jakarta, Minggu (3/7/2022).

Di sisi lain, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku bahwa PDIP belum berpikir mengajukan nama pengganti Tjahjo ke Jokowi.

Hal ini karena PDIP masih dirundung rasa duka atas meninggalnya Tjahjo.

Djarot pun menegaskan, partainya juga tidak pernah berpikir bahwa kursi pengganti Tjahjo di Menpan-RB harus dari PDIP.

Baca juga: Maraknya Penipuan Penerimaan CPNS 2021, Pesan Menpan-RB: Jangan Tergiur Tawaran yang Dijanjikan Calo

"PDI Perjuangan ketika membangun kerja sama, kita mendukung pak Jokowi, membangun kerja sama itu enggak pernah dengan opsi-opsi seperti itu. Jadi kita serahkan sepenuhnya (pengganti Tjahjo ke Jokowi)," tegas Djarot.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved