Nasional

Lengserkan Mahfud MD, Jokowi Bertemu Megawati, Tunjuk Pejabat Menpan RB, Ini Sosoknya

Adanya agenda Jokowi bertemu Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) untuk tunjuk pejabat Menpan RB definitif.

Tribunnews/Jeprima
Presiden Joko Widodo (kanan) berfoto bersama dengan Presiden Kelima sekaligus Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri usai acara peresmian Masjid At-Taufiq di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022). Diketahui adanya agenda Jokowi bertemu Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) untuk tunjuk pejabat Menpan RB definitif, lengserkan Mahfud MD. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Menkopolhukam Mahfud MD ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengisi sementara kursi kosong Menpan RB sampai adanya pejabat definitif.

Belakangan diketahui, adanya agenda Jokowi bertemu Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) untuk tunjuk pejabat Menpan RB definitif.

Lantas siapakah sosok yang lengserkan Mahfud MD nantinya?

Diketahui, kursi Menpan RB ditinggalkan Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli 2022 lalu.

Tjahjo sendiri merupakan kader PDIP yang mengisi jabatan tersebut di kabinet Indonesia Maju.

Baca juga: Geser Tito Karnavian, Jokowi Tunjuk Eks Hakim Konstitusi Jadi Menpan RB, Ini Sosoknya

Demikian, pejabat baru Menpan RB harus pula berasal dari PDIP, meskipun sosoknya ditetapkan Presiden Jokowi dengan hak prerogatif yang dimiliki.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyebutkan, Jokowi dan Megawati bakal bertemu pada awal Agustus ini.

Pembicaraan soal pengganti Tjahjo Kumolo bakal dilakukan, meskipun Jokowi dan Megawati juga membahas sejumlah hal lain dalam pertemuan itu.

Hasto menyampaikan penjelasan mengapa hingga saat ini Jokowi belum kunjung menunjuk Menteri PAN-RB definitif, sehingga posisinya masih dijabat oleh Menkopolhukam Mahfud MD sebagai pelaksana tugas (Plt).

"Karena 40 hari (kematian Tjahjo) nanti pada awal Agustus. Itu sudah sebagai bagian dari etika yang dibangun oleh PDI-P yang menghormati seniornya yang wafat, dan penggantiannya dilakukan setelah 40 hari," jelas Hasto.

Baca juga: Rencana Jokowi Bocor ke Publik soal Sosok Menpan RB, Megawati Ikut Terseret

Adapun sejumlah nama dikaitkan erat mengisi jabatan definitif Menpan RB, di antaranya Basuki Tjahaja Purnama, Hasto Kristiyanto, Tri Rismaharini, Djarot Syaiful Hidayat, hingga Ganjar Pranowo.

Djarot Saiful Hidayat

Djarot Saiful Hidayat dinilai lebih berpeluang menjadi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB).

"Menurut saya yang paling cocok jadi Menpan RB adalah Pak Djarot Saiful Hidayat," ujar Pengamat Politik M Qodari ketika dikonfirmasi, Senin (4/7/2022).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved