Info Mimika

Diskominfo Mimika Mulai Bidik Videotron dan BTS Untuk Tambahan PAD

Ada potensi pendapatan daerah dari pemanfaatan videotron dan menara telekomunikasi yang perlu dimaksimalkan guna meningkatkan PAD

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
MANFAATKAN VIDEOTRON - Kepala Dinas Kominfo Mimika, Hilar Limbong Allo saat memberikan keterangan terkait rencana pembuatan Peraturan Bupati guna menartik pajak dan retribusi videotron dan BTS. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mimika sedang membidik keberadaan videotron dan Base Transceiver Station (BTS) sebagai tambahan pendapatan asli daerah (PAD), dengan membuat rumusan Peraturan Bupati terkait retribusi.

Polemik Honorer Siluman Pemkab Mimika, Wabup: Pejabat yang Memanipulasi Data Bakal Diusut!

Saat ini Pemda Mimika telah memiliki empat unit videotron sebagai media publikasi kepada masyarakat dipasang dibeberapa titik.

Empat titik videotron tersebut antara lain di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Pasar Sentral Timika, Pasar Lama Timika, dan Timika Indah.

"Ada potensi pendapatan daerah dari pemanfaatan videotron dan menara telekomunikasi yang perlu dimaksimalkan guna membantu meningkatkan PAD," ungkap Kadis Kominfo Mimika, Hilar Limbong Allo, kepada Tribun-Papua.com, Kamis (4/8/2022) di Timika.

Pemkab Mimika Gelar Talkshow Pembangunan Berkelanjutan Tahun 2022-2024

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang retribusi videotron dan BTS dan menunggu pengesahan tahun ini.

Untuk iklan yang ditanyangkan di videotron pihaknya sudah membuat tarifnya dan struktur oraganisasi.

BUMN juga bisa mempublikasikan iklan. Namaun kalau memiliki anggaran maka tergantung kebijakan pimpinan.

Ia menjelaskan, saat ini videotron di Timika Indah belum berfungsi karena masih dalam tahap perbaikan.

Honorer Siluman Bermunculan di Pemkab Mimika, Kinerja OPD dan Kepala Daerah Dipertanyakan

Kata Hilar, untuk jaringan wifi kami sudah kerja sama dengan Lintas Arta. Ia juga menjelaskan, untuk sistem pemasangan iklan hanya bisa dipilih satu videotron.

"Contoh, jika ada yang ingin pasang iklan nanti akan kami tawarkan ingin pasang di videotron yang mana. Namun jika ingin memasang di empat videotron sekaligus juga bisa tapi biayanya akan berbeda," katanya.

Viral Honorer Siluman Pemkab Mimika di Medsos, Yosep: Rusak Citra Birokrasi

Di sisi lain, untuk retribusi menara telekomunikasi perlu ada pemasukan PAD untuk Mimika karena menurutnya selama ini belum ada pemasukan sama sekali dari operator seluler tersebut.

"BTS apapun itu baik Telkomsel, Indosat dan apapun wajib setiap tahun bayar retribusi. Dari data kami ada 100 lebih menara telekomunikasi di Mimika jadi bisa tambah PAD kita nanti," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved