HIV Aids di Papua

Menuju Papua Ending AIDS 2030, Dinkes Optimistis Tak Ada Infeksi Baru dan Kematian

Papua Ending AIDS 2030 dapat terwujud apabila ada komitmen kuat bersama, antara Pemerintah Daerah, LSM, Dinas Kesehatan dan masyarakat

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
ENDING AIDS 2030 - Kepala Seksi HIV AIDS Dinkes Provinsi Papua, dr Rindang Pribadi Marahaba saat diwawancarai Tribun-Papua.com, soal Papua Ending AIDS 2030, di Kota Jayapura, Minggu (7/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Untuk mencapai Papua Ending AIDS pada 2030 mendatang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua optimistis tidak akan ada lagi kasus infeksi baru dan kematian akibat AIDS.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi HIV/AIDS Dinkes Provinsi Papua, dr Rindang Pribadi Marahaba kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Minggu (7/8/2022).

47.962 Orang Terjangkit HIV/AIDS di Papua, Rata-rata Usia Produktif

"Kalau sudah dicanangkan Papua Ending AIDS pada 2030, berarti 3 hal pokok yang harus terwujud, tidak ada infeksi baru, tidak ada kematian karena AIDS, dan tidak ada lagi stigma serta diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHIV)," jelasnya.

Rindang mengatakan, Papua Ending AIDS 2030 dapat terwujud apabila ada komitmen kuat bersama, antara Pemerintah Daerah, LSM, Dinas Kesehatan, hingga lapisan masyarakat.

Kemudian, Rindang memaparkan strategi untuk mencapai Papua Ending AIDS 2030 yakni, paling utama ialah menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap ODHIV di kalangan masyarakat.

HIV/AIDS di Papua Capai 47.962 Kasus, dr Beeri Wopari: Didominasi Kelompok Usia Produktif

"Kalau melihat situasi saat ini, dan 8 tahun lagi kita akan menuju Papua Ending AIDS 2030, tidak ada kata pesimistis. Namun yang ada memang saat ini belum ada komitmen bersama yang ditunjukan dengan implementasi nyata atau aksi real," bebernya.

Lebih lanjut dia mengakui bahwasanya, selama ini komitmen yang ada hanya sebatas ucapan di bibir saja, sehingga apabila ada komitmen dan tekad yang serius serta aksi nyata antara semua stakeholder, maka ini pasti dapat teratasi dengan baik.

"Paling penting juga mengajak semua masyarakat, untuk membantu Pemda setempat dalam pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS," tandasnya.

47.962 Pengidap HIV/AIDS di Papua Rata-Rata Usia 25 - 49 Tahun

Ditanya soal penanganan HIV AIDS selama ini di Papua, Rindang membeberkan tujuan pengendalian kasus ada pada Kementerian Kesehatan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved