Kongres Masyarakat Adat

Pembukaan dan Penutupan Kongres Masyarakat Adat Dipusatkan di Stadion Barnabas Youwe

Namun faktor daya tampung yang tidak mencukupi, maka panitia memutuskan prosesi tersebut dipindahkan ke Stadion Barnabas Youwe (SBY)

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
PINDAH LOKASI – Stadion Barnabas Youwe (SBY) menjadi pilihan panitia sebagai tempat pembukaan dan penutupan Kongres Masyarakat Adat VI (KMAN) yang akan dilaksanakan pada Oktober 2022 mendatang. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Stadion Barnabas Youwe, Distrik Sentani Kota, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua akan menjadi saksi sejarah. Di stadion ini, akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI).

Ini Alasan Majelis Rakyat Papua, Kongres Masyarakat Adat Harus Sukses

Keputusan pemilihan tempat itu dilakukan panitia local, setelah mempertimbangkan berbagai masukan dan arahan, mengingat hajatan tersebut akan diikuti ribuan masyarakat adat yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Panitia Lokal Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI, Timotius Demetouw mengatakan, sesuai rencana awal pihaknya menentukan Istora Papua Bangkit sebagai tempat pembukaan dan penutupan. Namun faktor daya tampung yang tidak mencukupi, maka panitia memutuskan prosesi tersebut dipindahkan ke Stadion Barnabas Youwe (SBY). 

Kesiapan Tempat Sarasehan Kongres Masyarakat Adat Nusantara di Jayapura Mencapai 70 Persen

"Kalau di Istora mampu menampung 3 ribuan orang, sementara Stadion Barnabas Youwe (SBY) mampu menampung 15 ribu orang. Petimbangan itulah yang menjadi pertimbangan untuk mengalihkan acara pembukaan dan penutupan ke Stadion Barnabas Youwe,” terangnya.

Selain itu, menurut dia, seluruh pelayanan seperti kesehatan, transportasi, keamanan, konsumsi hingga pelaksanaan sidang pleno dan rapat-rapat komisi selama Kongres Masyarakat Adat, juga bakal dipusatkan di Stadion Barnabas Youwe. 

Ketua Tungku Manggarai Berharap Kongres Masyarakat Adat Tak Ada Unsur Politik Jelang Pemilu 2024

Sebelumnya panitia merencanakan, acara pembukaan dan penutupan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI digelar di Istora Papua Bangkit, Kompleks Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.   

Menurutnya, kesepakatan itu diambil setelah pihaknya melihat langsung kondisi dan daya tampung istora. 

Pemkot Jayapura Pastikan Kesiapan Hotel Berbintang Sambut Wisatawan saat Kongres Masyarakat Adat

Timothius memaparkan, dalam kongres ini bakal diisi dengan berbagai kegiatan seperti Kebangkitan Masyarakat Adat ke-9 yang akan dihelat pada 24 Oktober.   

Tak hanya itu, ada pula agenda rutin yang sudah familiar di Tanah Papua, yakni Festival Danau Sentani yang juga masuk dalam rangkaian pergelaran KMAN ke IV pada bulan Oktober 2022 mendatang. (*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved