UMKM Papua

Harapan Pemprov Papua di Acara Gernas BBI, Hegemur: Edukasi UMKM Menembus Pasar Global

Gernas BBI itu, juga akan membantu kemandirian sektor UMKM, mengingat berbagai dukungan dari multi-pemangku kepentingan

Tribun-Papua
PASAR GLOBAL - Asisten Bidang Umum Sekretariat Daerah Papua, Y. Derek Hegemur mengatakan, hadirnya Gernas BBI Papua itu, diyakini akan membantu UMKM untuk bisa memasuki pasar global dan go international. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendukung penuh kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Papua diyakini akan memberikan edukasi serta pemahaman kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Papua untuk menembus pasar global.

Ini Alasan Menkominfo Pilih Kota Jayapura sebagai Tuan Rumah Acara Bangga Buatan Indonesia

Asisten Bidang Umum Sekretariat Daerah Papua, Y Derek Hegemur mengatakan, hadirnya Gernas BBI Papua diyakini membantu UMKM untuk bisa memasuki pasar global dan go international.

"Dengan Gernas BBI itu, juga akan membantu kemandirian sektor UMKM, mengingat berbagai dukungan dari multi-pemangku kepentingan tentu mempermudah jalannya," kata Hegemur kepada awak media, Kamis (25/8/2022) di Jayapura.

Revitalisasi Anjungan Papua di TMI Dilakukan Tiga Tahap, Kapisa: Nanti Disediakan Tempat UMKM

Di sisi lain, Hegemur mengungkapkan Pemprov Papua berkomitmen mendukung percepatan penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022.

"Sampai saat ini Pemprov Papua sudah menggunakan 103 e-katalog dalam negeri dan 30 e-katalog digunakan oleh kabupaten dan kota di Papua," ujarnya.

Menurut Hegemur, upaya tersebut untuk mewujudkan kemandirian ekonomi di tengah pandemi dan menghadapi era digitalisasi, juga target kemajuan UMKM lokal.

Kunjungi Pengusaha Cokelat di Jayapura, Whatsapp Bisnis Dukung Digitalisasi 30 Juta UMKM hingga 2024

Dia menambahkan, penggunaan TKDN juga sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil.

"Hal itu dilakukan guna menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,"ucapnya.

Telkomsel Bekerja Sama Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mimika Dukung UMKM Orang Asli Papua 

Ia menambahkan, apalagi di era digitalisasi ini sektor UMKM memerlukan perhatian dari semua pihak.

"Kolaborasi sangat diperlukan guna mempercepat target itu. UMKM bagian tidak terpisahkan dariekonomi dan perlu perhatian khusus," tandas Hegemur. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved