Kongres Masyarakat Adat

Ribuan Peserta Wilayah Adat di Papua Hadiri Kongres Masyarakat Adat

Ribuan masyarakat adat itu bakal menunjukan keunggulan-keunggulan budaya dari masing-masing wilayah adat di Papua.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Ketua Panitia Lokal Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI), Timothius Demetouw mengatakan pihaknya siap menyambut 1000 tamu masyarakat adat dari berbagai wilayah adat yang ada di Provinsi Papua disaat pergelaran KMAN VI di Wilayah Adat Tabi, Kabupaten Jayapura, Papua, pada 24-30 Oktober 2022 mendatang. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Ribuan peserta dari berbagai wilayah adat di Papua dipastikan bakal hadiri Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI (KMAN VI) di Wilayah adat Tabi, Kabupaten Jayapura, Papua pada 24-30 Oktober 2022.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia Lokal KMAN VI, Timothius Demetouw kepada Tribun-Papua.com, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (7/9/2022).

"Sesuai informasi yang kami dapat dari berbagai daerah di Papua ada 1.000 orang akan hadir saat KMAN nanti," kata Timothius.

Baca juga: Ditargetkan 1500 Peserta KMAN Bakal Inap di Sejumlah Kampung di Kabupaten Jayapura

Dikatakannya, kehadiran peserta tersebut sebagai bentuk dukungan atas pelaksanaan KMAN.

Selain itu, kata Timothius, ribuan masyarakat adat itu bakal menunjukan keunggulan-keunggulan budaya dari masing-masing wilayah adat di Papua.

 

 

"Prinsipnya, kami panitia lokal siap memfasilitasi mereka dengan tempat-tempat pertunjukan, seperti yang sudah disediakan di wilayah Kalkhote, Kampung Harapan, Jembatan Kuning, Kampung Ifar Besar, Puspenka, Distrik Sentani Timur, dan Lapangan Theys, Distrik Sentani Kota," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Jayapura Gandeng Puluhan Media Sukseskan KMAN VI

Sekedar diketahui, pergelaran Kongres Masyarakat Adat VI (KMAN VI) bakal digelar pada 24-30 Oktober 2022 mendatang.

Kongres ini bakal digelar sekaligus dengan dua agenda besar lainnya yaitu Festival Danau Sentani (FDS) dan peringatan 9 tahun hari ulang tahun masyarakat Kabupaten Jayapura.

Tidak hanya itu, dalam pergelaran KMAN VI nanti, bakal menghadirkan Presiden Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan juga ribuan komunitas adat yang ada di seluruh Indonesia. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved