Papua Terkini

Suasana di Abepura hingga Expo Waena Jayapura Terpantau Normal, Tak Ada Aktifitas Demonstrasi

Titik rawan aksi demonstrasi seperti di Lingkaran Abepura, Gapura Universitas Cenderawasih Abepura, Uncen Waena, maupun Expo Waena terpantau normal

Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
KONDUSIF - Suasana di wilayah Abepura Kota Jayapura, Provinsi Papua Senin (16/1/2023) pagi terpantau aman, kondusif dan terkendali. Taka da tanda-tanda bakal terjadinya aksi unjuk rasa seperti informasi yang beredar secara luas dan massif. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Suasana di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Senin (16/1/2023) pagi terpantau aman, lancar dan terkendali. Taka ada tanda-tanda bakal terjadinya aksi unjuk rasa besar-besaran pasca penangkapan Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Baca juga: Ketua KPK Firli Bahuri: Lukas Enembe adalah Contoh Penjabat Daerah yang Ugal-ugalan!

Berdasarkan pantauan yang dilakukan Tribun-Papua.com, masyarakat di kawasan Abepura sampai Expo Waena tetap melaksanakan kegiatan sehari-hari dan berjalan normal.

Diketahui, ada yang pergi bersekolah, pergi kerja, hingga membuka toko dan berjualan makanan, serta melakukan aktivitas lainya.

Tidak hanya itu, titik-titik rawan aksi demonstrasi seperti di Lingkaran Abepura, Gapura Universitas Cenderawasih Abepura, Uncen Waena, maupun Expo Waena juga terpantau normal dan situasi sangat kondusif.

Di titik-titik tersebut juga, tidak terlihat aparat keamanan yang bersiaga yang menjadi bagian tanda-tanda bakal adanya aksi unjuk rasa dari sekelompok warga yang mengatasnamakan pendukung Gubernur Papua, Lukas Enembe.    

Sekadar diketahui, sejak Minggu (15/1/2023) malam beredar pesan berantai melalui Whatsapp grup terkait ajakan untuk melakukan demonstrasi secara besar-besaran.

Baca juga: Ada Keterlibatan Benny Wenda di Kasus Lukas Enembe? Ini Kata Mahfud MD!

Tentu saja, pesan tersebut membuat sebagian warga Kota Jayapura panik untuk lakukan aktivitas pagi ini. Berikut bunyi pesan yang beredar hingga saat ini.

"Saya sampaikan kepada semua keluarga bahwa hari Senin tanggal 16 Januari 2023 akan dilaksanakan demo di kota Jayapura sasaran di depan uncan Abepura, Uncen warna , taman imbi dan kanton kanton massa orang gunung yang demo dari kualisi Papua bangkit, tokoh adat, gereja, KNPB( tokoh OPM) dan semua warga Papua dalam mendukung Lukas Enembe sebagai pemimpin bangsa Papua di tanah Papua, sehingga yang mau kantor dan berpergian harus hati hati dan waspada terhadap kegiatan di maksud," tulis dalam pesan berantai.

Baca juga: Tokoh Gerakan Papua Benny Wenda Minta KPK Lepas Lukas Enembe, Begini Reaksi Keras Mahfud MD

Di sisi lain, Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Dr Victor Mackbon juga mengirimkan pesan dalam bentuk flayer yang berisi imbauan kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura dan sekitarnya agar tetap tenang dan melaksanakan aktifitas sehari-hari seperti biasa.

Bahkan orang nomor satu di Polres Jayapura Kota ini juga menegaskan, bahwa selebaran yang beredar sangat masif tersebut tidak benar, sehingga masyarakat tidak perlu cemas dna terprovokasi informasi yang tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya itu.

Hingga berita ini diturunkan, situasi Kota Jayapura, dari Kotaraja hingga Expo Waena, terpantau normal. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved