Kerusuhan di Papua

Wiranto Pastikan Pemerintah Kedepankan Dialog dalam Tangani Kerusuhan di Papua

Menko Polhukam Wiranto memastikan pemerintah mengedepankan pendekatan dialog dalam menangani masalah keamanan di Papua.

Wiranto Pastikan Pemerintah Kedepankan Dialog dalam Tangani Kerusuhan di Papua
(KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM)
Menko Polhukam Wiranto menyampaikan keterangan pers di kantornya 

TRIBUNPAPUA.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memastikan pemerintah mengedepankan pendekatan dialog dalam menangani masalah keamanan di Papua.

Hal itu disampaikan Wiranto menanggapi pernyataan Komisi Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Hak Asasi Manusia, yang meminta pemerintah berdialog dengan masyarakat Papua untuk menyelesaikan permasalahan keamanan di Papua.

"Dialog itu disarankan oleh mereka. Presiden sudah dialog, saya sudah dialog, sekarang Kapolri, Panglima (TNI) ke sana dialog. Jadi sudah dialog ya, bukan belum dialog, sudah," ujar Wiranto di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Instruksi Diplomat Jelaskan ke Dunia Papua Bagian dari NKRI: Tak akan Mundur Satu Sentimeter Pun

Ia menambahkan, dialog yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk mendamaikan dan meredakan kerusuhan yang pecah akibat penghinaan yang dilakukan terhadap mahasiswa Papua di Jawa Timur.

Polisi juga telah menetapkan tersangka ujaran kebencian yang memicu kerusuhan di asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur.

Wiranto melanjutkan, dengan proses dialog yang telah dilakukan pemerintah, saat ini situasi keamanan di Papua berlangsung kondusif.

Bentuk Mental Juara, Atlet PON 2020 Mulai Jalani Character Building

Ia berharap situasi yang kondusif ini terus terjaga hingga seterusnya.

Karena itu, ia memohon dukungan dari masyarakat agar pemerintah bisa menangani masalah keamanan di Papua.

"Percayakan bahwa aparat keamanan itu maksimal untuk mengamankan kepentingan masyarakat, mengamankan kehidupan Papua dan Papua Barat. Dan itu semua demi kepentingan integritas wilayah nasional kita, stabilitas nasional kita," kata Wiranto.

(Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wiranto Pastikan Pemerintah Kedepankan Dialog Tangani Kerusuhan Papua"

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved