Breaking News:

Peparnas XVI Papua

NPCI: Semua Atlet yang Dikirimkan ke Peparnas Terjamin Kualitasnya

Pemerintah memfasilitasi pembinaan olahraga terhadap atlet penyandang disabilitas dengan optimal semenjak 2015.

Penulis: Musa Abubar | Editor: Roy Ratumakin
Humas Kominfo Papua
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) National Paralympic Committe Indonesia (NPCI), Rima Ferdianto. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah memfasilitasi pembinaan olahraga terhadap atlet penyandang disabilitas dengan optimal semenjak 2015.

Kala itu, pemerintah memberikan intensif yang cukup besar untuk mendukung pelatihan sehingga, performa para atlet paralimpik tersebut terus maksimal kala mengikuti setiap pertandingan di kancah olahraga tingkat nasional maupun internasional.

Dengan dukungan tersebut, membuktikan bahwa pemerintah telah menerapkan prinsip kesetaraan antara atlet penyandang disabilitas dengan atlet non-disabilitas.

Baca juga: Berhasil Raih Emas, Abraham Persiapkan Diri ke Pelatnas

"Tentu saja tidak akan bisa, dilakukan tanpa fasilitas pemerintah. Dalam hal ini pemerintah pusat memfasilitasi kami untuk melakukan pembinaan atau pelatnas kepada para atlet," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) National Paralympic Committe Indonesia (NPCI), Rima Ferdianto, di Media Center Kominfo Peparnas Papua pada Minggu (7/11/2021).

Dari sisi kesejahteraan atlet penyandang disabilitas ini, lanjut dia, pemerintah memberikan serangkaian kebijakan yang membuat para atlet penyandang disabilitas merasa terjamin dalam menekuni profesi olahragawan.

Sebab, pemerintah memberikan insentif yang sangat banyak kepada para atlet dalam bentuk uang, tempat tinggal hingga pekerjaan bagi atlet.

Adanya kebijakan ini, tentunya membuat atlet penyandang disabilitas merasa termotivasi untuk meningkatkan performanya dalam setiap pertandingan olahraga yang dijalaninya.

Hasilnya, banyak prestasi-prestasi yang membanggakan bangsa dan negara dalam kurun waktu belakangan ini.

"Pemberian honor saat pelatnas, diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga diberikan rumah tinggal didapatkan oleh para atlet penyandang disabilitas,"ujarnya.

Baca juga: Indonesia Incar Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved