Breaking News:

Alumni Uncen Gelar Seminar

PA Mahasiswa Kristen Uncen Jayapura Gelar Seminar Pembuatan Proposal Program PKM

Jadi, di pusat prestasi nasional itu ada berbagai kegiatan dilaksanakan salah satunya adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Penulis: Musa Abubar | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PEMBUATAN PROPOSAL - Suasana seminar Pelatihan Pembuatan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang digelar alumni mahasiswa Kristen Universitas Cenderawasih Jayapura, Jumat (26/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com,Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA- Perkumpulan Alumni (PA) Mahasiswa Kristen Universitas Cenderawasih Jayapura menggelar seminar Pelatihan Pembuatan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan dilanjutkan dengan bhakti bersama pada Sabtu (27/11/2021).  

Dekan FMIPA Uncen, Dirk Runtuboi mewakili Pembantu Rektor III Uncen, Jonathan Wororomi menjelaskan, sebenarnya kegiatan ini untuk semua mahasiswa, memang diprioritaskan untuk mahasiswa semester tiga sampai lima,nanti pada semester enam mereka sudah masuk dalam program "Kampus Merdeka Belajar" yang terkonversi dengan SKS.

OPM Keluarkan Ultimatum Jelang 1 Desember, Tokoh Adat Tolak Perayaan Hari Jadi Papua Merdeka

"Memang di Pendidikan Tinggi, kalau kita lihat yang berhubungan dengan pengembangan kurikulum yang berbasis Program Kreativitas Mahasiswa sekarang ada "Kampus Merdeka Belajar" itu proses pembelajaran tidak hanya pada akademik saja,"kata Dirk kepada awak media usai membuka seminar, Jumat (26/11/2021).

Lanjut dia, mahasiswa didorong untuk bisa mengembangkan potensi dirinya melalui berbagai ide-ide inovatif dan kreatif yang tentu saja tegak lurus terintegrasi dengan Direktur Jenderal Kemahasiswaan dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan.

"Jadi, di pusat prestasi nasional itu ada berbagai kegiatan dilaksanakan salah satunya adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)," ujarnya.

Ramai Penolakan Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka, Herman Yoku: OPM Hanya Keliru Bermimpi

Dia menjelaskan, terkait PKM itu ada 5 bidang, mulai dari bidang peneltian,pengabdian, kemudian bidang kegiatan-kegiatan sosial, hakikat ilmiah, dan teknologi tepat guna.

Beberapa di antaranya, menurut dia, Uncen juga keluar sebagai pemenang,bahkan sampai ke tingkat nasional dan tingkat tim nasional (timnas) untuk pekan ilmiah nasional yang biasanya dilaksanakan di Pulau Jawa.

Menurut dia, biasanya dalam kompetisi nasional itu ribuan mahasiswa yang ikut. Program PKM ini juga terintegrasi dengan program "Kampung Merdeka Belajar," ujarnya.

Tegaskan Papua NKRI, Pemuda Saireri: Jaga Keamanan Jelang HUT OPM 1 Desember

Lanjut dia, semisal untuk magang industri itu salah satu mahasiswa Uncen memenangkan IndonesiaNEXT Season 5 yang diselenggarakan oleh Telkomsel, saat itu jumlah pesertanya sebanyak 16.000 mahasiswa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved