Breaking News:

KKB Papua

Kepala Kampung di Yahukimo Jabat Komandan Operasi KKB Papua, Diduga Pakai Dana Desa Beraksi

Komandan KKB Yahukimo, Temianus Magayang yang ditangkap Satgas Nemangkawi pekan lalu, ternyata adalah Kepala Desa Sesepi di Distrik Kwelamdua.

KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI
Temianus Magayang (wajah ditutup), tengah menjalani perawatan di IGD RS Bhayangkara Jayapura. Ia dievakuasi usai mendapat luka tembak karena melawan saat ditangkap Satgas Nemangkawi di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Sabtu (27/11/2021). Selanjutnya proses hukum akan dilanjutkan di Jayapura, Papua, Minggu (28/11/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Tertangkapnya Temianus Magayang alias Demius Magayang yang merupakan satu di antara tokoh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Yahukimo, Papua, membuat situasi keamanan di Distrik Dekai lebih kondusif.

Seperti diketahui, Komandan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Yahukimo, Temianus Magayang yang ditangkap Satgas Nemangkawi pekan lalu, ternyata adalah Kepala Desa Sesepi di Distrik Kwelamdua.

Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani mengungkapkan Temianus Magayang masuk dalam struktur Komando Daerah Pertahanan (Kodap) XVI Yahukimo.

Baca juga: Gembong KKB Yahukimo Demius Magayang Terlibat 12 Aksi Kekerasan Hingga Pembunuhan

Posisi Temianus dalam kelompok tersebut dinilai cukup penting.

Dengan pekerjaanya itu, tak menutup kemungkinan Temianus yang terlibat beberapa kasus pembunuhan menggunakan dana desa untuk operasional kelompoknya.

"Temianus Magayang merupakan bagian KKB Yahukimo. Dalam kelompok tersebut ada tiga tokoh, yaitu Senat Soll, Temianus Magayang, dan Erik Pahabol. Mereka di bawah Panglima Kodap XVI Yahukimo Elkius Kobak," ujar Faizal di Jayapura, Senin (29/11/2021).

Baca juga: Berusia 25 Tahun, Komandan KKB Yahukimo Temianus Magayang Ternyata Kepala Desa

Jabatan yang dipegang Temianus adalah komandan operasi. Namun dalam beraksi, ia kerap jalan bersama Senat Soll yang lebih dulu tertangkap dan telah meninggal.

Saat Senat Soll tertangkap, terang Faizal, aparat keamanan sempat mengorek keterangan dari tersangka mengenai beberapa aksi kriminal yang dilakukan KKB di Yahukimo dalam dua tahun terakhir.

"Keterangan dari Senat Soll, Temianus yang melakukan pembacokan, dia juga yang mengundang Tendius Gwijangge masuk ke Yahukimo," kata dia.

Pembina Satgas Gakkumdu Polda Papua Kombes Pol Faizal Ramadhani, mengatakan pihaknya temui 37 pelanggaran pada Pemilihan Suara Ulang (PSU) Kabupaten Nabire.
Pembina Satgas Gakkumdu Polda Papua Kombes Pol Faizal Ramadhani, mengatakan pihaknya temui 37 pelanggaran pada Pemilihan Suara Ulang (PSU) Kabupaten Nabire. (istimewa)

Faizal juga menyebut Temianus adalah sosok yang membunuh Staf KPUD Yahukimo Hendry Jovinski dan pekerja bangunan Amirulloh pada 2019.

Baca juga: Dirangkul Jenderal Dudung, Kowad Asal Kaimana Papua Barat Matilda Refideso Ingin Jadi KSAD

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved