Papua Terkini

Pelajar Protes Brimob Tempati 3 Sekolah di Yahukimo, Kapolda Papua Minta Maaf

Fakhiri menjelaskan, sejumlah personel yang menempati sekolah itu ditugaskan dalam program Operasi Damai Cartenz di Yahukimo.

Tribun-Papua.com/Kompas.com
Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, bersama Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli, meninjau lokasi kericuhan Yahukimo, di Distrik Dekai, Papua,, Jumat (8/10/2021)(KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI) 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Sejumlah pelajar di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua, melayangkan protes karena sejumlah personel Brimob menempati tiga sekolah sebagai tempat tingal sementara.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri meminta maaf terkait masalah tersebut.

"Sekali lagi kalau memang ada yang merasa terganggu, selaku Kapolda saya meminta maaf dan kami akan kembalikan kepada (pihak) sekolah," kata Kapolda Papua di Jayapura, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: 221 Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Ditangani Polisi di Papua

Fakhiri menjelaskan, sejumlah personel yang menempati sekolah itu ditugaskan dalam program Operasi Damai Cartenz di Yahukimo.

"Mereka ditempatkan oleh Kapolres sementara waktu, karena sedang disiapkan GOR Yahukimo untuk menjadi permukiman sementara bagi anggota untuk enam bulan ke depan," ujar Fakhiri.

Fakhiri menjelaskan, penempatan personel Brimob di tiga sekolah itu telah mendapatkan izin dari Pemerintah Kabupaten Yahukimo.

Baca juga: BREAKING NEWS: Sebagian Tubuh Damianus Ditemukan dari Mulut Buaya Mimika Papua

Izin tersebut diberikan karena sekolah tersebut tidak menggelar aktivitas belajar mengajar untuk sementara waktu. Aktivitas belajar mengajar di sekolah itu baru dimulai pada 24 Januari.

Kapolda Papua pun memastikan seluruh personel Brimob segera dipindahkan ke GOR Yahukimo. "Sabtu (22/1/2022) ini mereka akan pindah ke GOR karena saat ini Polres sedang membuat MCK," kata Fakiri.

Ia pun meminta agar masalah penempatan Brimob di sekolah tidak diperpanjang karena sudah diselesaikan.

Baca juga: 310 Personel Gabungan Terjun Amankan Pelaksanaan PSU Pilkada Yalimo Papua

"Saya sangat mendukung sekolah harus menjadi tempat untuk anak-anak kita menimba ilmu untuk menjadi generasi penerus," kata Fakhiri.

Sebelumnya, sejumlah pelajar di Distrik Dekai berunjuk rasa di Kantor Dinas Pendidikan Yahukimo, Papua.

Mereka protes karena sekolah ditempati personel Brimob. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Sekolah di Yahukimo Jadi Tempat Tinggal Sementara Personel Brimob, Kapolda Minta Maaf",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved