Papua Terkini

Yakob Dell & Esron Wipea Korban Tewas dari Unjuk Rasa Tolak DOB di Dekay Papua

Sebanyak dua korba jiwa dan lima orang lainnya luka akibat unjuk rasa yang berakibat bentrok soal penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Distrik Dekai

Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
ILUSTRASI - Walau diguyur hujan, kelompok masa demonstrasi tolak Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua masih tetap bertahan di gapura Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Sebanyak dua korba jiwa dan lima orang lainnya luka akibat unjuk rasa yang berakibat bentrok soal penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua.

Dau korban tewas tersebut adalah Yakob Dell (30 tahun) dan Esron Wipea (22 tahun).

Sementara tiga korban lainnya adalah Itos Hitlay dan Luki Kobak mengalami luka tembak pada bagian kaki. Serta korban dari pihak kepolisian adalah Briptu Muhammad Aldi yang terluka pada bagian kepala.

Baca juga: BREAKING NEWS: Demo DOB di Yahukimo Berakhir Ricuh, Dua Orang Tewas

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan, kronologi kejadian tersebut bermula ketika massa yang membubarkan diri, tiba-tiba melakukan aksi perusakan dan pembakaran rumah kios (ruko).

Selain itu massa pun menyerang personel kepolisian yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Baca juga: KSP Sesalkan Demo Tolak DOB di Papua Berujung Ricuh

"Pelaksanaan orasi berjalan lancar, namun saat selesai melaksanakan orasi inilah yg terjadi gesekan dari masyarakat sendiri dan ditambah ada yang provokasi sehingga masyarakat lain melakukan aksi-aksi terhadap bangunan ruko yang ada di sekitar Kantor Kominfo," kata Fakhiri di Jayapura, Selasa (15/3/2022).

Personel kepolisian yang berusaha menghentikan aksi massa, sambung Fakhiri, justru menjadi sasaran amuk massa sehingga aparat keamanan terpaksa melepaskan tembakan. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved