PDAM Jayapura

Tingkatkan Pelayanan, PDAM Jayapura Buka Gerai Pelayanan Terpadu di PTC Entrop

Guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan menuju prima, PDAM Jayapura membuka Gerai Pelayanan Terpadu

Editor: Musa Abubar
Humas PDAM Jayapura for Tribun-Papua.com
Guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan menuju prima, PDAM Jayapura membuka Gerai Pelayanan Terpadu di komplek Papua Trade Centre (PTC) Entrop, Distrik Jayapura Selatan.Direktur Utama PDAM Jayapura Entis Sutisna mengatakan, Gerai Pelayanan Terpadu merupakan unit pelaksana pelayanan, yang memusatkan pelayanan sambungan baru bagi calon pelanggan. 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan menuju prima, PDAM Jayapura membuka Gerai Pelayanan Terpadu di komplek Papua Trade Centre (PTC) Entrop, Distrik Jayapura Selatan

Peresmian operasional Gerai Pelayanan Terpadu itu oleh Ketua Dewan Pengawas PDAM Jayapura Rustan Saru, Selasa (28/6/2022).

Baca juga: Geser Michael Gomar, Eltinus Omaleng Lantik Jeni Usmani Jadi Pj Sekda Mimika, Ini Sosoknya

Hadir dalam peresmian, Direktur Utama PDAM Jayapura Entis Sutisna, Direktur Umum Esther M. Tamba, Direktur Teknik Bastian Kapisa, dan seluruh pejabat di lingkungan PDAM Jayapura.

Direktur Utama PDAM Jayapura Entis Sutisna mengatakan, Gerai Pelayanan Terpadu merupakan unit pelaksana pelayanan, yang memusatkan pelayanan sambungan baru bagi calon pelanggan.

Kemudian, kata dia, melayani pembayaran rekening air dan pengaduan pelanggan baik secara daring (online) maupun luring (offline) di lokasi gerai.

Baca juga: Soal Sponsor ke Persipura, Ini Jawaban Bank Papua!

"Upaya melayani kepentingan pelanggan, seperti sambungan baru yang tersentralisasi di Gerai Pelayanan Terpadu, di mana pendaftarannya bisa melalui aplikasi atau online maupun di lokasi gerai atau offline,"kata Entis Sutisna kepada awak media disela-sela peresmian, Selasa (28/6/2022).

"Gerai ini juga bisa difungsikan sebagai loket pembayaran rekening air. Selain bermitra dengan perbankan dan PT. Pos Indonesia, pelanggan bisa membayar rekening air secara langsung," ujarnya.

Entis mengatakan, sentralisasi pelayanan sambung baru bertujuan agar pembayaran biaya non air ini berada pada satu pintu.

Baca juga: Bukan Anies atau Kader PAN, Dua Pejabat Jawa Barat Ini Diusulkan Capres 2024: Muda dan Berbahaya!

Selain itu, Gerai juga menyediakan perkembangan digitasi pelanggan yang ditampilkan pada Web Geographic Information System (WebGIS), yang mana memantau fasilitas SPAM yakni jaringan pipa transmisi dan pipa distribusi.

Pelanggan yang telah terpasang jaringan perpipaan dan pengaduan kebocoran air melalui WebGIS bisa terpantau oleh tim teknik.

"Gerai juga melayani pengaduan pelanggan, baik rekening air maupun kebocoran atau kerusakan bisa diatasi di Gerai Pelayanan Terpadu, juga dipantau melalui GIS, pelayanan akan termonitor serta tersentral mulai dari sambung baru, pengaduan, dan pembayaran rekening air," katanya.

Baca juga: Dukung DOB, Tokoh Agama Ini Sebut Berdampak Positif dan Mesejahterakan Masyarakat

Entis menyebut, perkembangan WebGIS telah mendigitasi seluruh jaringan SPAM di pelanggan seperti pipa transmisi dan distribusi. PDAM di tahun 2023 berharap, memperoleh data yang valid dan akuntabel terkait titik koordinat pelanggan.

"Misalnya pelanggan di titik A mendaftar, melalui data digital akan dilihat panjang pipa berapa, dan ketersediaan pipa transmisi dan pipa distribusi. Sehingga bisa terjawab pelanggan itu bisa terlayani atau tidak,"ujarnya.

WebGIS juga, kata dia, memberikan gambaran mengenai pelanggan yang menunggak dan lancar dalam membayar rekening air, yang di dalamnya juga sebagai sarana percepatan penanganan kebocoran air, serta meningkatkan mobilisasi menangani kebocoran.

Baca juga: Bus Eks PON XX Sementara Tak Dipinjamkan untuk Acara Pengantin dan Rekreasi Jarak Jauh

Pelayanan dan instalasi sambungan baru akan memakan waktu 7 hari yang mengikuti standar nasional.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas PDAM Jayapura H. Rustan Saru mengatakan melalui kemajuan pelayanan di bidang informasi teknologi, respon pengaduan harus lebih ditingkatkan.

"Tugas PDAM adalah merespon pengaduan pelanggan dengan cepat, agar keluhan bisa teratasi. Kemudian, masyarakat bisa dijangkau jaringan distribusi air, agar pelayanan bisa terlayani. Seluruh UPP harus bertindak cepat dalam menanggapi laporan masuk," katanya.

Gerai Pelayanan Terpadu juga akan menyediakan penjualan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Nanwani dan Robongholo, bekerja sama dengan Koperasi PDAM Tirta Mandiri.

Ia menambahkan, waktu pelayanan gerai dari Senin - Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIT, Sabtu dan Minggu dan tanggal merah libur. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved