Breaking News:

Pemekaran Papua

Hanya 1 OAP yang Memenuhi Syarat Jadi Penjabat Gubernur di 3 Provinsi Baru Papua. Inilah Sosoknya?

Penjabat eselon I OAP hari ini hanya satu, pak Velix Wanggai. Selain itu tidak ada

Penulis: Syarif Jimar | Editor: M Choiruman
Kompas.com
PENJABAT GUBERNUR - Velix Wanggai, merupakan Orang Asli Papua (OAP) yang kini menduduki jabatan eselon I. Dia satu-satunya OAP yang memenuhi persyaratan sebagai Penjabat Gubenrur di 3 Provinsi baru di Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hidayatillah

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Pemerintah pusat sedang menyiapkan 3 calon penjabat gubernur di 3 provinsi baru hasil pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. Ykani Penjabat Gubernur Papua Selatan, Penjabat Gubernur Papua Tengah dan Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Tengah.

Inilah Syarat Penjabat Gubernur 3 Provinsi Baru di Papua, Wamendagri: Harus Eselon I Kementerian

Menurut Wakil Meneri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipo syarat calon penjabat gubernur itu harus pejabat eselon I di Kemeterian. Sayangnya, saat ini hanya ada 1 Orang Asli Papua (OAP) yang memenuhi syarat sebagai penjabat gubernur di provinsi baru tersebut, yakni Velix Wanggai.

Masih menurut Wamendagri, John Wempi Wetipo, sosok pejabat eselon I yang merupakan putra asli Bumi Cenderawasih itu saat ini menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya atau pejabat eselon I kementrian.

"Yang jelas penjabat gubernur itu harus eselon I. Mereka harus meletakkan pondasi yang kuat biar nantinya berjalan lebih bagus. Penjabat eselon I OAP hari ini hanya satu, pak Velix Wanggai. Selain itu tidak ada," terang Wamendagri kepada wartawan di Merauke, Sabtu (30/7/2022).

Inilah Keistimewaan Papua setelah Pemekaran 3 Provinsi Baru, Wamendagri: Jatah Kursi DPRP Bertambah

Oleh karena itu, lanjut putera asli Papua ini, Penjabat Gubernur 3 provinsi baru di Papua tersebut tetap akan diisi oleh pejabat eselon I dari Kementrian sampai dilantiknya gubernur definitif.

Lantas bagaimana sosok Velix Wanggai yang merupakan Orang Asli Papua (OAP) yang saat ini menduduki jabatan eselon I yang punya kans kuat sebagai penjabat gubernur di provinsi baru Papua itu?

Jurnalis Tribun-Papua.com mencoba melacak sosok Velix Wanggai di laman Wikipedia. Pria yang memiliki nama lengkap Velix Vernando Wanggai itu merupakan putra dari Sofyan Wanggai dan Ita Nurlita, lahir di Jayapura, Provinsi Papua pada 16 Februari 1972.

Wamendagri: Gedung Negara dan Hotel Asmat Merauke Layak Jadi Kantor Sementara Pemprov Papua Selatan

Masih dari laman Wikipedia, Velix adalah seorang aktivis, ahli hubungan internasional dan politisi Indonesia. Diangkat menjadi Staf Khusus Presiden pada 20 November 2009.

Dia dipercaya Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjadi staf khusus yang bertugas membantu memberi masukan pada presiden tentang hal-hal yang berhubungan dengan pembangunan daerah dan otonomi daerah di Indonesia.

Sebelumnya, sosok yang kerap wara wiri di media sosial ini pernah bertugas sebagai Staf Perencana pada Direktorat Kawasan Khusus dan Daerah Tertinggal, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Wamendagri Tentukan Tuan Rumah Peresmian 3 Provinsi dan Penjabat Gubernur DOB di Papua

Melansir dari laman Bappenas, Velix Wanggai kini menjabat sebagai staf Ahli Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur Bappenas.

Pria yang aktif berorganisasi sejak SMA dalam organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama yaitu Gerakan Pemuda Ansor ini, pernah mengemban sejumlah tugas mentereng diantaranya, sebagai anggota tim penyusunan kajian kebijakan Pengembangan Wilayah Terpadu (PWT) Sorong, Fak-fak, Merauke, Jayapura, dan Jayawijaya (1996–1997).

Ia pernah menjadi staf proyek di Sekretariat Nasional Program Pembangunan Prasarana Desa Tertinggal (P3DT) kantor Bappenas 1996.

Tiga Provinsi Baru di Papua akan Diisi 3.000 ASN, Wamendagri: Secepatnya!

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved