Info Mimika

Basarnas Timika Gelar Rapat Koordinasi Daerah dan Pelatihan Potensi SAR

Kita harus saling tolong-menolong dan pemerintah daerah mampu mengayomi para stakeholder di daerahnya dalam menangani kedaruratan

Penulis: Marselinus Labu Lela | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
RAPAT KOORDINASI - Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Republik Indonesia, Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyanto, foto bersama Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob beserta tamu undangan dan peserta pelatihan, Senin (22/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

TRIBUN-PAPUA.COM, TIMIKA - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Timika, Kabupaten Mimika, menggelar rapat koordinasi SAR daerah dan pelatihan potensi SAR Tahun 2022, di Hotel Horison Ultima Timika, Senin (22/8/2022).

Basarnas Mimika Temukan Speed Boat Rute Betsbamu-Atsi yang Sempat Hilang Kontak

Kegiatan tersebut mengusung tema melalui rapat koordinasi dan pelatihan potensi SAR tahun 2022 kita tingkatkan sinergitas dan kemampuan sumber daya manusia yang berkompetei dalam rangka mengantisipasi perbantuan pencarian dan pertolongan pada penanganan kecelakaan pesawat udara secara tepat dan prosedural.

Pelatihan rapat koordinasi potensi SAR dilakukan selama 6 hari, dan diikuti 100 peserta dari berbagai instansi di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Tim Basarnas Merauke Tiba di Mappi, 3 Jenazah Korban Kebakaran Kapal Segera Dievakuasi

"Saya harap di rapat koordinasi dan dan pelatihan SAR tahun 2022 kemampuan solidaritas pemerintah daerah TNI-Polri dan basarnas tetap terpelihara. Pemerintah daerah juga diharapkan bisa merangkul Basarnas, TNI-Polri dalam mengantisipasi situasi kedarutaran daerah Timika baik darat, laut, dan udara," ungkap Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Republik Indonesia, Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyanto kepada Tribun-Papua.com.

Ia menyebut kondisi geografis Kabutapen Mimika memiliki banyak gunung, sehingga jenis tranportasi baik darat, laut dan udara sangat dibutuhkan.

Begini Perjuangan Basarnas dan Satrol Lantamal Cari ABK KM Juneyao Maru V: Terobos Hutan Bakau

Lebih lanjut Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyanto menjelaskan, dalam pelatihan potensi SAR ia juga berharap anggota SAR Timika bisa memberikan ilmu dasar tentang rescue saat genting atau kejadian tiba-tiba.

"Kita harus saling tolong-menolong dan pemerintah daerah mampu mengayomi para stakeholder di daerahnya dalam menangani kedaruratan," ungkapnya.

Ia berharap peserta pelatihan dapat mengikuti materi dengan baik sehingga nantinya bisa diterapkan saat operasi SAR.

Basarnas Merauke Terjunkan 74 Personil Siaga Khusus Angkutan Lebaran 2022

Sementara itu, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan pemerintah Kabupaten Mimika mengapresiasi SAR Timika karena telah melakukan banyak hal baik untuk masyarakat.

"Saya harus sampaikan bahawa SAR Timika selalu melakukan koordinasi dan apa yang dilakukan selalu dilaporkan kepada pemerintah," katanya.

Lanjut Johannes dengan adanya rapat koordinsi dan pelatihan potensi SAR nantinya akan memberikan suatu peningkatan yang baik dalam hal kemanusiaan.

Basarnas Jayapura Cari Lima Orang Hilang Terseret Ombak di Pantai Holtekamp

"Jadi sinergitas kita semua di Mimika ini sangat peting dan selama ini berjalan dengan baik. Saya kira dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan manfaat," ujarnya.

Atas nama pemerintah Kabupaten Mimika dirinya juga berterimakasih kepada SAR Timika karena selalu sigap dalam melakukan operasi kemanusian beberapa waktu lalu seperti insiden kecelakaan pesawat dan jatuhnya helikopter dan di laut. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved