PT Freeport Indonesia

Sinergitas dengan Uncen, PTFI Groundbreaking Gedung Pusat Sains dan Kemitraan Senilai Rp 45 Miliar

Yang paling penting saya akan menginformasikan kepada Presiden, terkait kondisi stabilitas di Papua, setelah mendengar masukkan dari mahasiswa

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua.com
PENDIDIKAN - Chairman of the Board and Chief Executive Officer of Freeport McMoran Inc, Richard C Adkerson, Menteri Investasi dan BKPM RI Bahlil Lahadalia, dan Rektor Uncen Apolo Safanpo saat memberikan keterangan pers kepada awak media, termasuk Tribun-Papua.com soal groundbreaking Gedung Freeport Indonesia untuk pusat sains dan kemitraan di Abepura, Kamis (6/10/2022).  

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Bekerjasama dengan Universitas Cenderawasih (Uncen), PT Freeport Indonesia (PTFI) melakukan groundbreaking pembangunan Gedung Freeport Indonesia untuk pusat sains dan kemitraan berlantai 3 yang diperkirakan memerlukan dana sebesar Rp 45 Miliar.

Baca juga: PT Freeport Indonesia Bangun Pusat Sains dan Kemitraan di Uncen Papua, Ini Fasilitasnya!

Pelaksanaan groundbreaking tersebut dilakukan di belakang Gedung Pasca Sarjana Uncen, Jalan Raya Abepura Sentani, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Kamis (6/10/2022). 

Proses groundbreaking ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Chairman of the Board and Chief Executive Officer of Freeport McMoran Inc, Richard C Adkerson, Menteri Investasi dan BKPM RI, Bahlil Lahadalia, dan Rektor Uncen Apolo Safanpo

Dalam keterangan persnya kepada awak media, termasuk Tribun-Papua.com di Abepura usai melaksanakan groundbreaking, Richard menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada kepercayaan dan relasi yang dibangun selama ini antara PTFI bersama Uncen. 

"Terimakasih kepada semua pihak dan secara jujur harus dikatakan mari mempererat relasi dan sinergitas yang ada," kata Richard. 

Richard juga mengaku terpukau saat pertama kali berkunjung ke Kampus Uncen, dan melihat secara langsung universitas yang telah melahirkan banyak tokoh-tokoh tersohor tersebut. 

Sementara itu, Menteri Investasi dan BKPM RI, Bahlil Lahadalia menyebutkan hadirnya Gedung Freeport Indonesia untuk pusat sains dan kemitraan merupakan salah satu bentuk kontribusi PTFI dalam riset dan teknologi. 

Baca juga: Presiden Jokowi Luncurkan Teknologi 5G Mining di PT Freeport Indonesia: Ini Pertama di Asia Tenggara

"Namun terlepas dari itu, yang paling penting saya akan menginformasikan kepada Presiden, terkait kondisi stabilitas di Papua, setelah mendengar masukkan dari mahasiswa dalam orasi ilmiah, serta ini juga menjadi penting untuk investasi pastinya," paparnya. 

Lelaki berkulit sawo matang tersebut menuturkan, PTFI dan Uncen diharapkan selalu dapat bersinergi, berkontribusi bersama dalam menghasilkan sumber daya manusia berkualitas, khususnya di sektor pertambangan.

Masih dalam kesempatan yang sama, Rektor Uncen, Apolo Safanpo menghaturkan ucapan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah menaruh perhatian besar bagi kampus tertua di tanah Papua itu.

Baca juga: Tiba di Grasberg, Presiden Melihat Sejarah Pertambangan PT Freeport Indonesia

"Atas nama pimpinan dan keluarga besar Uncen menyampaikan terimakasih banyak, atas kehadiran Bapak Menteri Investasi dan BKPM RI yang telah hadir di kampus dalam rangka memberikan orasi ilmiah dan groundbreaking," pungkasnya.

Tak luput juga, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Chairman of the Board and Chief Executive Officer of Freeport McMoran Inc, Richard C Adkerson, bersama seluruh jajaran pimpinan Freeport Macmoran. 

"Terimakasih juga kami haturkan kepada Pak Tony Wenas yang sudah lama telah membantu kami di Uncen," beber Apolo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved