Breaking News:

KKB Papua

3 KKB Papua Bergabung untuk Tebar Teror di Yahukimo, Ada Pecatan TNI hingga Punya Penembak Jitu

Sebanyak tiga kelompok kriminal bersenjata (KKB) bergabung melakukan aksi teror dan menghadapi TNI-Polri di Kabupaten Yahukimo, Papua.

Editor: Claudia Noventa
(Dok Humas Polda Papua)
Personel Satgas Nemangkawi berada di Kali Yegi, Distrik Dekai, untuk mencari pekerja PT. Indo Papua yang melarikan diri dari KKB, Yahukimo, Papua, Senin (23/8/2021) 

TRIBUN-PAPUA.COM - TNI-Polri mengungkapkan bahwa sebanyak tiga kelompok kriminal bersenjata (KKB) bergabung melakukan aksi teror di Kabupaten Yahukimo, Papua.

Diketahui, selama sepekan terakhir wilayah Yahukimo memang diresahkan dengan teror pembakaran hingga penembakan pada para pekerja.

Aksi teror tersebut didalangi oleh tiga pimpinan KKB tersebut yakni pimpinan Tenius Gwijangge, Temianus Magayang dan Senat Soll.

Baca juga: Bupati Yahukimo Didimus Yahuli Perintahkan Kejar, Tangkap, dan Adili KKB Papua

Baca juga: Bupati Yahukimo Minta Aparat Keamanan Tindak Tegas KKB

Tenius Gwijangge merupakan tokoh yang memimpin KKB saat melakukan aksi pembunuhan empat pekerja bangunan di Kampung Bingki, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo pada 25 Juni lalu.

Selain itu, KKB pimpinan Tenius Gwijangge diduga juga melakukan pembunuhan terhadap dua pekerja yang tengah membangun jembatan di Kali Barza pada Minggu, 22 Agustus 2021.

Kemudian, Temianus Magayang merupakan pimpinan KKB yang bergerak di wilayah Yahukimo.

Kelompok bersenjata ini pernah terlibat dalam pembunuhan dua anggota TNI AD dari Yonif Linud 432 Kostrad.

Selain membunuh anggota TNI, KKB pimpinan Temianus Magayang juga merampas senjata api alias senpi jenis SS2 V1 kaliber 5,56 milik korban pada 18 Mei 2021 lalu.

Terakhir, Senat Soll pimpinan KKB yang merupakan mantan anggota TNI.

Senat Soll diketahui dipecat dari kesatuannya karena disersi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved