Breaking News:

Pembangunan Jalan Trans-Papua Diharapkan Bisa Kurangi Indeks Kemahalan hingga Kemiskinan

Pembangunan Jalan Trans-Papua masih terus berlanjut meski sempat diganggu dengan aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Editor: Claudia Noventa
Dok. Kementerian PUPR
Jalan Trans-Papua. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Pembangunan Jalan Trans-Papua masih terus berlanjut meski sempat diganggu dengan aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Diketahui, rencananya Pembangunan Jalan Trans-Papua akan dirancang sepanjang 3.462 kilometer.

Jalan Trans-Papua akan membentang dari wilayah kepala burung di Wilayah Adat Domberai, Sorong, Papua Barat, sampai dengan Bumi Anim Ha di Merauke.

Baca juga: Sempat Diganggu KKB, Pembangunan Jalan Trans Papua Kini Capai 3.446 Kilometer

Baca juga: KKB Kembali Berulah di Pegunungan Bintang, 70 Pekerja Jalan Trans Papua Dievakuasi

Seperti diketahui, pembangunan infrastruktur ini masuk ke dalam proyek strategis nasional (PSN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet RI, Staf Khusus (Stafsus) Presiden Billy Mambrasar mengatakan, Presiden Jokowi mulai tahun 2015 mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Tanah Papua dengan terus mengerjakan Jalan Trans-Papua.

Menurut pria yang merupakan putra asli Papua itu, pembangunan jalan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua dengan meningkatkan akses serta konektivitas antar wilayah.

"Menghubungkan Provinsi Papua dan Papua Barat sekaligus menjadi konektivitas seluruh kota, distrik, dan kampung di seluruh Tanah Papua," kata Billy.

Menyikapi Kelebihan Pasokan Ruang Perkantoran

Selain itu, adanya Jalan Trans-Papua diharapkan dapat mengurangi indeks kemahalan, mengurangi angka kemiskinan, dan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia.

"Sehingga dapat membuka daerah yang terisolasi," imbuh dia.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved