Breaking News:

Papua Barat Terkini

2 Perusahaan Kelapa Sawit di Papua Barat Raih Sertifikat RSOP

PT Permata Putera Mandiri (PPM) dan PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) mendapatkan setifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Editor: Roy Ratumakin
DOK Humas PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ)
Produksi tandan buah segar hasil dari perkebuhan sawit PT Permata Putera Mandiri (PPM) dan PT Putera Manunggal Perkasa (PMP), dua anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) meningkat. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURAPT Permata Putera Mandiri (PPM) dan PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) mendapatkan setifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Diketahui, PT Permata Putera Mandiri (PPM) dan PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) merupakan dua perusahaan dibawah naungan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) yang bergerak di bidang kelapa sawit.

Wakil Direktur Utama ANJ Geetha Govindan mengatakan, pihaknya telah menjadi perusahaan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan lantaran memperoleh sertifikasi minyak sawit berkelanjutan.

Baca juga: Gugatan Sejumlah Perusahaan Sawit Ditolak PTUN, Bupati Sorong: Ini Demi Hutan Berkelanjutan

Sertifikat yang didapat PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) adalah Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO), dan International Sustainability and Carbon Certification (ISCC).

Untuk sertifikat RSPO yang diterima oleh PT PPM dan PT PMP adalah sebagai bentuk pemenuhan persyaratan terhadap sawit berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Penilaian sertifikasi tersebut dilakukan lembaga terakreditasi RSPO, yakni PT Mutuagung Lestari. Sertifikat atas pemenuhan prinsip dan kriteria RSPO itu dikeluarkan Kamis (23/12/2021) dan berlaku selama Lima tahun.

Geetha mengatakan, umumnya minyak sawit bersertifikasi RSPO ANJ menggunakan metode mass balance.

“Namun, saat ini mill (pabrik pengolahan) PMP yang menggunakan metode identity reserved (IP) sebagai model rantai pasok di mana seluruh Tandan Buah Segar (TBS) tersertifikasi 100 persen,” kata Geetha dikutip dari laman Kompas.com, Senin (10/1/2022).

Baca juga: Koalisi Masyarakat Adat Moi Dukung Bupati Sorong Cabut Izin Usaha Sawit 

Adapun, ruang lingkup dari sertifikasi RSPO ini adalah satu unit pabrik kelapa sawit PMP dan empat perkebunan yang dikelola PMP dan PPM.

Dua perkebunan yang dikelola PMP, yakni kebun Kasuari dengan total area seluas 4,629.41 hektar (ha) dan kebun Cenderawasih seluas 6,670.95 ha dengan total 11,300.36 ha (sudah termasuk alokasi kebun plasma) terletak di distrik Aifat Selatan dan Kais, Kabupaten Maybrat dan Sorong Selatan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved