Papua Terkini

Atasi Dampak Bencana, BPBD Mamberamo Raya Minta Bantuan BNPB Pusat

Akibat terbatasnya fasilitas dalam mengatasi dampak bencana, BPBD Mamberamo Raya meminta bantuan dari BNPB Pusat

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Musa Abubar
Istimewa
Dampak bencana di Mambramo Raya yang menyebabkan badan jalan rusak dan jembatan terputus di Kampung Burmeso, Distrik Mambramo Tengah, Kabupaten Mambramo Raya yang belum tertangai hingga saat ini. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Akibat terbatasnya fasilitas dalam mengatasi dampak bencana, BPBD Mamberamo Raya meminta bantuan dari BNPB Pusat.

Hal itu disampaikan Kepala BPBD Mamberamo Raya, Deden Sumantri kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Senin (14/3/2022).

Baca juga: Tempat Jokowi ‘Nginap’ di IKN Ternyata Endemik Malaria

"Tekait dampak bencana yang terjadi pada beberapa waktu ini, kami sudah ajukan permohonan bantuan ke pusat sesuai laporan kejadian bencana banjir dan longsor pada 17 Desember 2021 lalu di Distrik Memberamo Tengah, Distrik Saway dan Distrik Mamberamo Hilir," kata Deden.

Baca juga: Polisi Tangkap Residivis Pencurian Motor di Abepura, Ternyata Mantan Narapidana

Menurut dia, hal itu diajukan ke BNPB Pusat lantaran kejadian tersebut disebabkan cuaca ekstrim serta intensitas curah hujan saat yang itu sangat tinggi mengguyur Mambramo Raya dengan waktu cukup lama.

"Akibat itu maka timbulah bencana hingga berdampak di beberapa wilayah, seperti di Kampung Burmeso, Distrik Mambramo Tengah, seperti kerusak talud, gorong-gorong dan badan jalan,"ujarnya.

Baca juga: Operasi Keselamatan Cartenz, Polres Mimika Amankan Ratusan Kendaraan

Lanjut dia, sehingga jalur menuju Polres, Kantor DPR dan Kantor Bupati di dusun Mabinu Kampung Burmeso rusak parah, dan jembatan terputus, dan belum teratasi.

Tak hanya itu, dampak itu juga meluas ke Kampung Polwai, Distrik Saway, hingga menyebabkan kerusakan terhadap rumah warga dan talud pembatas jalan diwilayah tersebut.

Baca juga: Lokasi Kemah Jokowi di IKN: Jangankan Keamanan, Nyamuk Saja ‘Dihilangkan’

Selanjutnya meluas ke di kampung Warembori, Yoke, Tumi dan Kabaresi, Distrik Mamberamo Hilir yang menyebabkan sebagian rumah masyarakat terendam hingga mengakibatkan kerugian harta benda.

"Dari bencana yang terjadi pada beberapa waktu lalu itu, mengakibatkan kondisi dilokasi-lokasi tersebut semakin parah,"katanya.

Baca juga: ICW ke Dewas KPK: Segera Periksa Ketua KPK Firli Bahuri!

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved