Pemprov Papua

KKP Setujui Materi Teknis RZWP3K dari Provinsi Papua, Iman: Menunggu Tanda Tangan Pak Menteri

Sudah disetujui, kami sudah masuk berkasnya. Tinggal menunggu tanda tangan menteri

Editor: M Choiruman
Tribunnews.com
FOTO BERSAMA – Sekdaprov Papua, Ridwan Rumasukun (paling kiri) didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, Iman Djuniawal usai bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono di Kantor KKP, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (18/4/2022). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan persetujuan terhadap Dokumen Materi Teknis Muatan Perairan Pesisir Provinsi Papua atau Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) dari Provinsi Papua.

Pemprov Papua Pastikan Stok Sembako Jelang Lebaran Aman, Musaad: Masyarakat Tak Perlu Panik

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua, Iman Djuniawal usai mendampingi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Papua, Ridwan Rumasukun saat audiensi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono di Kantor KKP, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (18/4/2022).

"Sudah disetujui, kami sudah masuk berkasnya. Tinggal menunggu tanda tangan menteri," ujar Iman.

Iman mengatakan setelah ditandatangani, RZWP3K akan diserahkan ke Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah atau Bappeda Papua untuk diintegrasikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi.

Percepat Layanan, Pemprov Papua Terus Lakukan Pengembangan Teknologi

Kemudian RZWP3K akan dibahas secara lintas sektoral agar pengelolaan kebijakan kelautan, perairan, dan darat menjadi terintegrasi.

Pemprov Papua, kata Iman, akan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Papua.

"Setelah mendapatkan persetujuan teknis, materi tadi yang digunakan untuk integrasi dengan provinsi yang saat ini dikerjakan. Nah ini akan menghasilkan Perda tentang penataan ruang dan wilayah Provinsi Papua, meliputi wilayah kawasan laut, perairan, dan kawasan darat," jelas Iman.

Antisipasi Pangan, Pemprov Papua Bangun Komunikasi dengan Menteri Pertanian

RZWP3K, kata Iman akan memberikan lima jaminan utama, yakni kesesuaian lokasi investasi, keberlanjutan lingkungan investasi, kegiatan investasi yang profitable, kepastian hukum atas lokasi investasi, dan perolehan izin lokasi kegiatan investasi.

Seperti diketahui, Sekda Papua Ridwan Rumasukun dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua Iman Djuniawal beserta jajaran Pemprov Papua mengadakan audiensi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di Kantor KKP, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (18/4/2022).

Pertemuan ini untuk mengantarkan RZWP3K kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). (*)

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved