Kesehatan

Giatkan Stop BABS, Dinkes Mamteng Gandeng Yayasan Noken Papua Gelar Pembekalan Enumerator 

Masyarakat perlu diberikan pemahaman sanitasi, termasuk jangan guang air besar sembarangan karena ini menyangkut kesehatan

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
STOP BABS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) bersama Yayasan Noken dan Unicef melaksanakan workshop pembekalan terhadap sekira 15 enumerator, di Kobakma, Mamteng, Provinsi Papua, Selasa (9/8/2022).  

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, MAMTENG – Dalam rangka sosialisasi stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) menggelar workshop pembelakan terhadap sejumlah enumerator.

Workshop tersebut bertajuk Studi Perilaku BABS yang dilangsungkan di Kobakma, dan diikuti para enumerator atau tenaga sanitarian.

Gelar Workshop Studi Perilaku BABS, Petrus Wanggai: Kita Dorong Warga Peduli Sanitasi

"Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi dari Dinkes Mamteng, bersama Yayasan Noken, Unicef dan Poltekes Kemenkes Jayapura untuk memberikan pendampingan," kata Sekretaris Dinkes Mamteng, Dotius Doga kepada Tribun-Papua.com, Selasa (9/8/2022).

Dotius mengatakan, masalah tidak terdapat jamban di sebagian rumah masyarakat di Kabupaten Mamberamo Tengah, masih menjadi masalah utama maraknya BABS. 

Untuk itu memang, ia mengakui bahwa dalam mengubah perilaku masyarakat, tak semudah membalikkan telapak tangan. 

Akkopsi Apresiasi Penuh Pemkot Jayapura atas Komitmen Kampanye Stop BABS 2025

"Masyarakat perlu diberikan pemahaman soal kesehatan, dan juga menyediakan fasilitas MCK dengan akses air bersih yang lancar untuk menunjang aktivitas," pintanya. 

Pihaknya terus berkomitmen untuk terus mengupayakan perubahan pola pikir masyarakat, agar dapat lebih memperihatikan aktivitas BAB. 

"Adanya workshop ini, kita ingin lakukan pelatihan dan pemberian pemahaman terhadap tenaga sanitarian atau enumerator yang diterjunkan ke masyarakat, agar dapat paham dengan situasi yang ada," tandasnya. 

AHL 2022 Digelar di Abepura, Reza Hendrawan: Forum Diskusi Kepala Daerah Soal Kampanye Stop BABS

Dalam kesempatan itu, ia menyebutkan tugas dan fungsi dari seorang enumerator di lapangan ialah, memberikan penyuluhan terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved