Viral Kasus Penembakan Kucing di Sesko TNI, Jenderal Andika Perintahkan Jajarannya Usut Tuntas

Viral video penemuan sejumlah bangkai kucing dengan kondisi bersimbah darah di kawasan Sesko TNI Martanegara, Jenderal Andika perintahkan usut tuntas.

Tribunnews/Jeprima
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa - Viral video penemuan sejumlah bangkai kucing dengan kondisi bersimbah darah di kawasan Sesko TNI Martanegara, Jenderal Andika perintahkan usut tuntas. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Viral di media sosial unggahan mengenai penemuan sejumlah bangkai kucing dengan kondisi tubuh bersimbah darah di kawasan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Martanegara, Bandung, Jawa Barat.

Video itu diunggah oleh akun Instagram @rumahsinggahclow pada Selasa (16/8/2022) sore.

Video yang viral itu memperlihatkan luka bekas tembak yang terdapat pada bangkai kucing tersebut.

Baca juga: Viral Anggota Paspampres Pukul Sopir Truk di Solo, Gibran: Saya Enggak Terima Warga Saya Digituin

Ilustrasi kucing
Ilustrasi kucing (Mpala Live!)

“Bantu share atau mention pihak terkait. Kucing-kucing ditemukan mati ditembak. Lokasi di Sesko TNI Martanegara, Bandung. Ada yang tahu? Siapa pelakunya ini, kok tega banget kucing ditembak-tembak seperti ini. Kejadian sore ini, tanggal 16 Agustus 2022,” tulis admin Rumah Singgah Clow, melalui unggahan Instagram @rumahsinggahflow, Selasa (16/8/2022).

Dalam unggahan tersebut, admin Rumah Singgah Clow menandai akun Instagram Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Ridwan Kamil kemudian merespon dengan menuliskan komentar.

“Saya telusuri dulu ya min (admin Rumah Singgah Clow). Hatur nuhun,” demikian tulis Ridwan Kamil pada kolom komentar unggahan Instagram Rumah Singgah Clow.

Baca juga: Dulu Dimarahi Jenderal Andika saat Rapat, Kolonel Hamim Tohari Kini Dipromosikan Jadi Kadispenad

Panglima TNI Perintahkan Usut Penembakan Kucing

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memerintahkan jajarannya untuk mengusut dugaan penembakan sejumlah kucing di lingkungan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI, Bandung, Jawa Barat.

“Menindaklanjuti perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kemarin siang (Rabu 17 Agustus 2022) untuk menyelidiki dugaan penganiayaan terhadap beberapa ekor kucing di lingkungan Sesko TNI, Bandung,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Prantara Santosa dalam keterangan tertulis, Kamis (18/8/2022).

Dari hasil penyelidikan, penembakan kucing tersebut diduga dilakukan oleh seorang perwira tinggi berinisial Brigadir Jenderal (Brigjen) NA yang merupakan anggota organik Sesko TNI.

Berdasarkan penyelidikan Tim Hukum TNI dan komandan Sesko TNI, Brigjen NA telah mengakui menembaki sejumlah kucing.

Baca juga: Minta Kasus Kematian Sertu Bayu Disidik Ulang, Jenderal Andika Duga Pelaku Tak Hanya 2 Perwira

“Brigjen TNI NA telah menembak beberapa ekor kucing dengan menggunakan senapan angin milik pribadi pada Selasa siang kemarin, sekitar jam 13.00 WIB,” terang Prantara.

Berdasarkan pengakuannya, Brigjen NA melakukan tindakan ini dengan maksud menjaga kebersihan dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggal dan tempat makan para perwira siswa Sesko TNI dari banyaknya kucing liar.

Menurutnya, Brigjen NA melakukan tindakan ini juga bukan karena kebencian terhadap kucing.

Selanjutnya Tim Hukum TNI akan menindaklanjuti proses hukum Brigjen TNI NA, khususnya menyangkut Pasal 66 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Dn Pasal 66A, Pasal 91B UU Nomot 41 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang Undang nomor 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan,” imbuh dia.

(Tribunjogja.com/Alifia Nuralita Rezqiana, Kompas.com/Achmad Nasrudin Yahya)

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul VIRAL Diduga Ditembak, Kucing-kucing Mati di Sesko TNI Martanegara, Ridwan Kamil: Saya Telusuri Dulu dan di Kompas.com dengan judul Panglima Andika Perintahkan Usut Penembakan Kucing di Sesko TNI

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved